Terkuak Saat Diskusi Bersama Wartawan PERWAMKI, Balon Gubernur Sumatera Utara Nikson Nababan Dahulu Pemred Majalah “Bona Ni Pinasa”

oleh -170 Dilihat
oleh
Mantan Bupati Tapanuli Utara, Dr. Nikson Nababan, M.Si saat hadir di acara dialog bersama PERWAMKI di Media Center PGI Jakarta. (pede)

JAKARTA, BEKASIPEDIA.com – Perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) akan digelar serentak di Indonesia. Geliatnya tidak hanya di DKI Jakarta, tetapi juga di Sumatera Utara yang tidak kalah serunya. Nah, para Bakal Calon Gubernur Sumatera Utara ini suda bermunculan, termasuk mantan Bupati Tapanuli Utara, Dr. Nikson Nababan, M.Si dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Pria yang pernah berprofesi menjadi wartawan ini terus bergerilya bersilaturahmi dengan berbagai kelompok dan komunitas masyarakat yang ada di Sumatera Utara.

 

Begitu juga saat bertandang ke DKI Jakarta, Nikson Nababan menyempatkan diri bersilaturahmi dan berdiskusi dengan wartawan yang tergabung dalam Perkumpulan Wartawan Media Kristiani Indonesia (PERWAMKI) pada Senin (27/5/2024) kemarin.

Bang Nikson, sapaan akrabnya hadir memenuhi undangan diskusi bersama sejumlah wartawan di Media Center PGI, Jakarta Pusat.

Diskusi bertajuk “Penyampaian Visi dan Misi dari Bakal Calon Gubernur Sumatera Utara” ini dihadiri sekitar 20-an media Kristen dan Katolik, yang merupakan anggota PERWAMKI.

Acara diawali dengan doa oleh Sekretaris Umum PERWAMKI, David Pasaribu dan dilanjutkan sambutan Ketua Umum PERWAMKI Stevano Margianto, dilanjutkan sambutan dari Penasihat PERWAMKI Pdt. Dr. Japarlin Marbun, mantan Ketua Umum Sinode GBI.

“Kita tahu Bang Nikson merupakan mantan jurnalis, kalau boleh saya juluki jurnalis yang pejabat, pejabat yang jurnalis. Kami mengapresiasi dan berterima kasih atas kinerja abang selama menjabat sebagai Bupati Tapanuli Utara dalam 10 tahun. Dan kami yakin dengan pengalaman, kemampuan, dan kapasitasi yang Bang Nikson miliki mampu membawa perubahan untuk Sumatera Utara,” ujar Stevano Margianto menyambut kedatangan Nikson Nababan yang mengenakan kemeja putih dan jeans hitam ini.

Begitu juga Pdt. Japarlin Marbun mengapresiasi kinerja Nikson Nababan yang dulu mantan Pemimpin Redaksi Majalah “Bona Ni Pinasa” ini selama menjadi Bupati Tapanuli Utara, banyak perubahan signifikan, mulai dari infrastruktur jalan, kemajuan sektor pertanian, juga pariwisata.

“Sudah beberapa kali saya ke Tapanuli Utara, banyak perubahan yang signifikan dari berbagai sektor di masa kepimpinan Nikson Nababan selama dua periode di sana. Jadi memang sepantasnya untuk maju Bakal Calon Gubernur Sumatera Utara, agar bisa maju lagi Provinsi Sumatera Utara,” kata Mantan Ketua Umum Sinode GBI ini.

Sementara itu dalam penyampaian visi misinya sebagai Calon Gubernur Sumut, Nikson Nababan berupaya membawa perubahan signifikan untuk Sumatera Utara, seperti yang dilakukannya di Tapanuli Utara.

“Saya telah menerapkan smart village selama menjabat sebagai Bupati, yang cukup berdampak bagi kehidupan masyarakat desa, dengan mengubah sistem pertanian dari tradisional menjadi pertanian yang modern dengan memanfaatkan teknologi yang kita miliki, membangun jaringan listrik dan telekomunikasi ke desa-desa terpencil. Dan ini cukup berdampak bagi kehidupan mereka. Setelah itu barulah kita berbicara sebuah smart city. Jika seluruh desa yang ada di Sumut telah menjadi smart village, maka kesenjangan antara desa dan kota akan mengalami penurunan,” ujar politisi PDIP ini.

Sedangkan untuk sektor pendidikan pun sangat krusial dalam pembangunan sebuah wilayah. Untuk itu madih kata Nikson Nababan, akses dan kemudahan untuk memperolah pendidikan sangat diperlukan dengan memberikan bantuan beasiswa, pimpinan daerah harus kreatif dalam menciptakan hal tersebut (beasiswa-red).

“Menurut peraturan sekarang untuk Beasiswa dananya tidak boleh lagi dari APBD. Nah, seorang pimpinan daerah harus kreatif menyikapi hal tersebut. Jangan langsung stag di situ,” kata Nikson lagi.

Kemudian, dia juga telah melakukan pemerataan fasilitas pendidikan, serta membuat sekolah unggulan untuk siswa-siswi berprestasi.

“Selain pendidikan yang berkelas, fasilitas kesehatan di Sumatera Utara juga perlu ditingkatkan dengan membangun puskesmas di setiap kecamatan. Katakanlah dalam suatu daerah jumlah penduduknya melebihi 10 ribu, maka seharusnya sudah ada lagi puskesmas. Jadi bukan hanya berdasarkan wilayah kecamatan, tetapi berdasarkan jumlah penduduknya yang harus dilayani,” jelasnya.

Oleh karena itu, keinginannya untuk maju Bakal Calon Gubernur Sumatera Utara hanya untuk mengabdi dan terus melanjutkan membangun Sumatera Utara bisa lebih baik lagi ke depan.

“Kalau masyarakat Sumatera Utara menginginkan saya dipercaya memimpin membangun Sumatera Utara, begitu juga teman-teman wartawan di PERWAMKI mendukung. Saya siap maju menjadi Calon Gubernur Sumatera Utara,” tandas Nikson Nababan mantap. (pede)