PedeNian Ngebanyol Didapuk Jadi MC Event BISA Fest di Rumah Panggung Adat Kranggan

oleh -337 Dilihat
oleh
PedeNian Ngebanyol, MC Kondang di Bekasi. (ist)

BEKASIPEDIA.com, JATISAMPURNA – Direktorat Event Daerah, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara, KEMENPAREKRAF dan Anggota DPR RI Komisi X Ir. Nuroji, Msi menggelar BISA Fest dengan tema Pesona Ragam Budaya Kota Bekasi di Rumah Panggung Adat Kranggan, baru-baru ini. Dalam event tersebut PedeNian Ngebanyol dipercaya menjadi MC (master ceremony) acara tersebut.

Di mana sebelumnya sukses menggelar BISA Fest dengn tajuk Pesona Kreasi Kuliner Kota Bekasi yang dilaksanakan di Situ Rawa Gede, Bojong Menteng, Rawalumbu, Kota Bekasi.

Dengan dipandu oleh MC Kondang di Bekasi, PedeNian Ngebanyol, acara Bisa Fest bertema

Pesona Ragam Budaya Kota Bekasi itu dihadiri lebih dari 100 peserta yaitu pelaku seniman dan UMKM yang berasal dari kecamatan yang ada di Kota Bekasi.

Sementara itu sambutan dari Sekertaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bekasi, Krisman Irwandi Situmorang, mengungkapkan bahwa Kota Bekasi mampu menjadi daerah wisata dengan adanya keunikan budaya Betawi yang dmiliki.

“Kota Bekasi punya potensi, Kota Bekasi punya daerah-daerah yang bisa diberdayakan. Di sini ada “sumur” yang bisa digali pariwisatanya, sehingga anak-anak sekolah jika libur semester nanti bisa di Kota Bekasi saja tidak usah jauh-jauh pergi ke Jogjakarta. Semoga dengan adanya kegiatan ini memberi manfaat pada sektor wisata di Kota Bekasi,” jelasnya.

Sambutan selanjutnya oleh PIC Event KEMENPAREKRAF yaitu Rosalin Petrina, menyampaikan, “BISA Fest ini merupakan kegiatan pemberdayaan pelaku Parekraf yang produktif untuk meningkatkan kualitas ekosistem pariwisata ekonomi kreatif dalam rangka mendukung dan menunjang pengembangan sektor ekonomi kreatif yang berkelanjutan”.

Lalu sambutan terakhir dari anggota DPR RI Komisi X, Ir. Nuroji, Msi, berpesan “Budaya Betawi di Kota Bekasi memiliki filosofi kumpul, guyub dan akur. Setiap kata tersebut memiliki maknanya masing-masing. Dengan menerapkan filosofi kumpul, guyub dan akur semoga budaya kita ini tetap terjaga dan kerukunan antar umat beragama terjalin”.

Sementara itu juga digelar talkshow yang dipandu oleh Bang Nian yang juga penyiar di Radio Elgangga ini bersama King of YouTuber Bekasi, Bang Pede.

Dalam talkshow yang membahas tentang pelestarian adat budaya Betawi di Kota Bekasi ini dengan narasumber yaitu Ki Maja (Majayusirwan) dan Ir. Nuroji, Msi.

“Supaya budaya daerah Betawi makin lestari maka harus mengikuti jaman yaitu menggunakan platform seperti Youtube atau tiktok, karena jika melestarikan budaya secara offline sudah jarang peminatnya. Intinya membuat konten yang mengenalkan budaya betawi melalui platform digital dengan semenarik mungkin,” kata politisi dari Partai Gerindra ini.

Kemudian acara berakhir dengan ditutup lagi oleh pertunjukan dari Betawi yaitu tari ronggeng dan pencak silat. Dan kemudian foto bersama-sama dengan para peserta, pembicara dan pelaku seni dari Bekasi dan MC Kondang di Bekasi PedeNian Ngebanyol. (ray)

[embedyt] https://www.youtube.com/watch?v=PkBBOGP6BlM[/embedyt]