Nyok Warga Kelurahan Mustika Jaya Hadiri Kegiatan GEMA yang Diinisiasi Mahasiswa – mahasiswi LSPR, Besok Sabtu Pagi

oleh -152 Dilihat
oleh

BEKASI TIMUR, BEKASIPEDIA.com – Undangan terbuka untuk warga Kelurahan Mustika Jaya, Kecamatan Mustika Jaya, Kota Bekasi, Jawa Barat, untuk menghadiri kegiatan kampanye GEMA (Gerakan Melestarikan Alam) yang diinisiasi oleh mahasiswa/mahasiswi dari Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR Bekasi pada Sabtu (22/06/2024) hingga Minggu (23/06/2024).

Kegiatan tersebut sebagai komitmen dari para mahasiswa/mahasiswi Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR Bekasi terhadap lingkungan yang keberlanjutan.

Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR menginisiasi kampanye GEMA (Gerakan Melestarikan Alam) yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran di kalangan warga Kelurahan Mustika Jaya, Kecamatan Mustika Jaya, Kota Bekasi, Jawa Barat, tentang pentingnya melestarikan lingkungan, terutama dalam mengurangi resiko banjir dan mendorong pemberdayaan ekonomi melalui pendekatan inovatif. (ist)

Selain itu, juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran di kalangan warga Kelurahan Mustika Jaya, Kecamatan Mustika Jaya, Kota Bekasi, Jawa Barat, tentang pentingnya melestarikan lingkungan, terutama dalam mengurangi resiko banjir dan mendorong pemberdayaan ekonomi melalui pendekatan inovatif.

Hal itu diamini oleh Dosen LSPR, Mrs. Latifa Ramonita, M.I.Kom, melalui rilis persnya yang dilansir Jumat (22/06/2024).

Dia menyatakan, kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa bersama masyarakat ini adalah kegiatan rutin yang dilakukan untuk mempersiapkan mahasiswa terjun ke masyarakat dalam mempraktikkan ilmu-ilmu komunikasi yang sudah dipelajari di kelas.

“Kegiatan ini juga sebagai upaya untuk lebih peduli dan kritis akan masalah sosial, salah satunya adalah masalah lingkungan,” jelas Mrs. Latifa Ramonita, M.I.Kom.

Untuk diketahui, GEMA memiliki beberapa rangkaian acara menarik dan melibatkan warga kelurahan Mustika Jaya secara langsung dalam acara ini. Bersama organisasi lokal seperti PKK dan Karang Taruna.

Kampanye ini sudah berlangsung dari Mei hingga Juli 2024, yang menampilkan serangkaian kegiatan berintegrasi konservasi lingkungan dengan prinsip-prinsip ekonomi kreatif.

“Peserta workshop diharapkan dapat terus menerapkan ilmu yang telah diberikan saat sesi acara hingga memulai usaha kecil atau mikro dalam produksi sabun, yang merupakan bagian penting dari ekonomi kreatif lokal yang berusaha kami gaungkan saat menjalankan kegiatan ini,” tandasnya.

Dia menambahkan, dalam misi menjaga lingkungan, GEMA bergabung bersama pihak Kelurahan Mustika Jaya, mengadakan acara “Sampah Untuk Penghijauan” dimana masyarakat setempat akan diminta untuk mengumpulkan sampah-sampah plastik yang nantinya akan dikumpulkan menjadi satu dalam bank sampah kelurahan setempat.

“Hasil dari sampah plastik yang telah terkumpul dapat ditukarkan menjadi bibit pohon yang dapat ditanamkan di pekarangan rumah masyarakat maupun area sekitar Kelurahan Mustika Jaya, sehingga penghijauan makin meningkat.”

“Sampah-sampah yang telah terkumpul dari Kelurahan nantinya akan didaur ulang dan dialirkan ke PT Indocement Tunggal Tbk, untuk dimanfaatkan kembali menjadi barang dengan nilai guna, sejalan dengan visi untuk menciptakan lingkungan yang lebih bersih, hijau, dan berkelanjutan,” jelasnya.

Sementara itu Charoline Augusti Dani, Ketua Pelaksana GEMA, yang sempat ngobrol dengan Bang Pede di Podcast Ngopi – ngobrol penuh inspirasi itu menyatakan, Alam adalah warisan yang tidak ternilai harganya, sudah menjadi tanggung jawab bersama untuk merawatnya demi masa depan yang lebih baik.

“GEMA hadir sebagai wujud pengabadian mahasiswa LSPR dalam upaya merangkul masyarakat untuk menjaga dan melestarikan alam khususnya wilayah tempat tinggal,” kata gadis yang murah senyum ini saat bincang – bincang untuk YouTube Channel BEKASIPEDIA TV – media sosial di bawah pengelolaan PT. Patriot Siber ini pada Kamis (20/06/2024).

“Mari, bersama-sama kita melakukan tindakan kecil sebagai awal perubahan besar. Bersama GEMA, kita jaga alam maka alam akan menjaga kita,” tambahnya.

Melalui serangkaian acara ini diharapkan masyarakat dari Kelurahan Mustika Jaya dapat ikut serta dalam aksi pelestarian dan keberlanjutan sesuai dengan SDGs (Sustainable Development Goals) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan dan menyalurkan kreativitas dan mengembangkan hasil karya yang telah dibuat.

“Seluruh masyarakat yang berkontribusi dalam kegiatan GEMA menjadi langkah kecil untuk menjaga alam agar tetap bersih dan nyaman. Nyok hadir pada Sabtu (22/06/2024) dari pukul 10.00 WIB hingga 16.00 WIB,” tandasnya. (rls/pede)