Cegah Terjadi Banjir, Aksi Koramil 01/Kranji Bersama Warga Laksanakan Karya Bakti Turun ke Sungai Bersihkan Tumpukan Sampah

oleh -377 Dilihat
oleh
Secara bergotong-royong, Koramil 01/Kranji Kodim 0507/Bekasi pimpinan Mayor Inf Choirul Anam bersama Tiga Pilar Medan Satria, Wanra dan Warga Masyarakat melaksanakan kegiatan karya bakti bersihkan sampah dalam rangka mengantisipasi terjadinya banjir dan munculnya wabah penyakit yang mengakibatkan berkembangnya nyamuk. (ist)

MEDAN SATRIA, BEKASIPEDIA.com – Secara bergotong-royong, Koramil 01/Kranji Kodim 0507/Bekasi pimpinan Mayor Inf Choirul Anam bersama Tiga Pilar Medan Satria, Wanra dan Warga Masyarakat melaksanakan kegiatan karya bakti bersihkan sampah dalam rangka mengantisipasi terjadinya banjir dan munculnya wabah penyakit yang mengakibatkan berkembangnya nyamuk.

Adapun pelaksanaan tersebut dilakukan di sekitar bantaran dan sungai di Jl. Raya THB, RW. 19 Kelurahan Pejuang, Kecamatan Medan Satria, Kota Bekasi. pada Rabu (7/12/2023).

Koramil 01/Kranji menjadi pelopor di tengah masyarakat untuk menggerakan warga membersihkan sampah yang menumpuk baik di bantaran maupun di dalam sungai.

Terlihat di lokasi Babinsa Koramil 01/Kranji Sertu Agus bersama anggota Wanra dan warga masyarakat tanpa ragu melakukan aksi langsung ikut terjun ke dalam sungai mengangkat sampah berupa rumput liar dan potongan pohon.

Dandim 0507/Bekasi Kolonel Arm Rico Ricardo Sirait, B.S., M.MDS, melalui Danramil 01/Kranji Mayor Inf Choirul Anam, mengatakan bahwa kegiatan karya bakti pembersihan bantaran dan sungai tersebut dilakukan dalam rangka mengantisipasi terjadinya banjir dan munculnya wabah penyakit yang mengakibatkan berkembangnya nyamuk.

“Ini merupakan instruksi dan arahan dari pimpinan khususnya TNI Angkatan Darat demikian pula dari Pangdam Jaya sampai dengan kejajarannya, terlebih saat menjelang awal tahun yang biasanya terjadi bencana banjir, untuk itu kita harus mulai mengantisipasinya,” ujar Mayor Anam.

Dirinya berharap ketulusan dan semangat dari semua elemen sehingga apa yang dilakukan bisa bermanfaat dan menjadi ladang ibadah bagi semua.

“Baik secara perorangan, individu demi kepentingan masyarakat yang ada di sekitar kita demi keluarga yang ada di lingkungan kita,” sambungnya.

“Gotong-royong atau karya bakti ini, fokus pengambilan sampah rumput liar yang tumbuh di sepanjang sungai dan sebelah kanan/kiri bantaran sungai yang tumbuh dan rencananya kegiatan ini akan berkelanjutan secara kontinyu dilihat dari perkembangan aliran air di sungai tersebut,” imbuh Mayor Anam.

Sementara itu, Dedi selaku Sekcam Medan Satria, pada kesempatan tersebut juga menghimbau kepada seluruh warga masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan di aliran sungai, terutama sampah ranting pohon bambu, batang bambu, serta sampah lainnya yang sering kali tersangkut.

Ucapan terimakasih juga disampaikan oleh Daud salah satu warga yang tinggal pas di samping bantaran sungai, dirinya mengatakan, kini sudah terlihat bersih atas bantuan para TNI.

“Alhamdulillah, sungai yang tadinya kotor semerawut, sekarang sudah terlihat rapi dan bersih, trimakasih Bapak-bapak Babinsa dan yang lainnya yang sudah membantu membersihkan sungai di lingkungan kami. Insya Allah kalau hujan turun air nya tidak akan meluap lagi, karena sampah yang biasanya tersangkut sudah diangkat”, ucap Daud.

Hadir dalam kesempatan tersebut Mayor inf Choirul Anam (Danramil 01/Kranji), Dedi (Sekcam Medan Satria), AKP Sukarno (Wakapolsek), Hendri S.(MP Medan Satria), Hendra (Lurah Pejuang), Syahrul (Kasi Trantib Pejuang), Nanang (Ketua RW.19) dan H. (Ketua RW.32). (rls/pede)