Roadshow Bus KPK Berikan Edukasi Warga Kota Bekasi Bahaya Korupsi dan Hajar Serangan Fajar, Apakah Bermanfaat…

oleh -493 Dilihat
oleh
Ketua KPK RI, Firli Bahuri bersama Plt. Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto. (ist)

BEKASI SELATAN, BEKASIPEDIA.com – Setelah sukses menjelajah 9 Kota di 3 Provinsi dengan jarak tempuh 1.300 KM dengan dihadiri lebih dari 23.000 peserta, Komisi Pemberatasan Korupsi (KPK) kembali menggelar rangkaian Roadshow Bus KPK: Jelajah Negeri Bangun Anti Korupsi Tahun 2023.

Dengan membawa pesan “Hajar Serangan Fajar”, Roadshow Bus KPK hadir di Kota Bekasi pada Minggu, 18 Juni 2023 di area Car Free Day ruas Jl. Jend. A. Yani yang raih antusias tinggi dari warga Kota Bekasi dari lintas usia, mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Roadshow Bus KPK hadir sebagai bagian dari sosialisasi dan kampanye anti korupsi kepada masyarakat secara langsung dan sekaligus bertujuan untuk meningkatkan kesadaran publik dalam pencegahan korupsi, utamanya menjelang Pemilu 2024

Acara Roadshow Bus KPK dihadiri langsung oleh Ketua KPK RI, Firli Bahuri bersama Plt. Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto dan juga jajaran KPK RI serta jajaran aparatur Pemerintah Kota Bekasi.

Firli menyampaikan dalam sambutannya bahwa Roadshow Bus KPK adalah salah satu kegiatan untuk mengenalkan dan menanamkan nilai-nilai anti korupsi kepada masyarakat.

“Terdapat sembilan nilai integritas atau nilai-nilai antikorupsi, yaitu jujur, mandiri, tanggung jawab, berani, sederhana, peduli, disiplin, adil dan kerja keras. Seluruh nilai-nilai tersebut harus kita tanamkan kepada masyarakat,” ujar Firli.

Firli juga berharap bahwa, “nilai-nilai tersebut tidak sekadar dihafalkan, tapi diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari dan agar nilai-nilai anti korupsi bisa ditularkan kepada orang lain, di sekolah-sekolah, di organisasi-organisasi, dan lain-lain,” imbuhnya.

Menyambut tahun politik 2024 dan selaras dengan misi “Hajar Serangan Fajar” dari Roadshow Bus KPK, Firli pun menegaskan, “mari kita bersama-sama, hajar ‘Serangan Fajar’.  Ingat, suara kita memiliki kekuatan untuk menciptakan perubahan positif dengan memilih pemimpin yang berkualitas dan berintegritas,” katanya.

Sementara itu, Plt. Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto menyambut baik kehadiran Roadshow Bus KPK. Kehadiran KPK, katanya, bukan hanya sebagai lembaga penegak hukum, melainkan sebagai mitra dalam membangun kesadaran dan kepedulian akan pentingnya integritas dan transparansi dalam pemerintahan.

“Kami siap bekerja sama dengan KPK untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap nilai-nilai anti korupsi dan mendukung segala upaya untuk meningkatkan integritas, akuntabilitas, dan transparansi dalam tata kelola pemerintahan,” ucap Tri Adhianto.

Roadshow Bus KPK dimeriahkan dengan gelaran Senam Bersama “Hajar Serangan Fajar”, Talkshow terkait Anti Korupsi, dan Games Interaktif Anti Korupsi yang disertai dengan penandatanganan Komitmen Bersama Anti Korupsi, yang berbunyi: siap dan mendukung dan mewujudkan Pemilu 2024 di Kota Bekasi yang aman, damai, dan berkualiatas; bebas dari serangan fajar; bebas dari suap dan gratifikasi ilegal; berpartisipasi aktif, langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.

Nah, apakah program Roadshow Bus KPK ini benar-benar efektif dan bermanfaat. Kita lihat saja kedepan. Pasalnya, Pejabat Wali Kota Bekasi sebelumnya sudah dua orang kena operasi tertangkap tangan oleh KPK. (rls/pede)

[embedyt] https://www.youtube.com/watch?v=sm2cEMhHnSQ[/embedyt]