Rizal Ramli Meninggal Dunia di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta

oleh -926 Dilihat
oleh
Rizal Ramli Meninggal Dunia. (ist)

JAKARTA, BEKASIPEDIA.com – Ekonom senior Rizal Ramli dilaporkan meninggal dunia di Jakarta, Selasa (2/1/2023). Rizal Ramli meninggal dalam perawatan di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta.

“Innalillahi wa inna illaihi rojiuun. Telah berpulang, bapak/kakek/mertua kami, Rizal Ramli pada tanggal 2 Januari 2024 pukul 19.30 WIB di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo. Kami segenap keluarga memohon maaf jika ada kesalahan beliau selama hidupnya,” demikian pesan singkat keluarga korban dikutip dari akun X Teguh Santosa seperti dilansir Selasa (2/1/2024) malam.

Kabar meninggal Rizal Ramli sudah menyebar di X atau dulu disebut Twitter. “Innalillahi wa innailaihi rojiun, selamat jalan Pak Rizal Ramli, Indonesia berduka,” tulis mantan penyidik KPK Yudhi Purnomo Harahap lewat akunnya.

Rizal Ramli yang merupakan kelahiran Padang ini dikenal sebagai sosok cukup kritis terhadap pemerintah.

Mantan Menko Ekuin berulangkali melontarkan kritik tajam terkait masalah ekonom yang dihadapi negara ini.

Koordinator Gerakan Indonesia Bersih Adhie M Massardi membenarkan informasi tersebut. Namun Adhie belum mengetahui informasi lengkapnya.

“Iya benar (meninggal). Saya baru sampai rumah. Tapi informasi lengkapnya belum dapat saya,” ujarnya.

Kabar ini pun langsung menjadi trending topic di media sosial X atau dulu dikenal Twitter ini seiring ucapan duka dari para tokoh, aktivis, hingga kerabat yang mengenal dekat dengan Menteri Koordinator Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Industri era Presiden Abdurrahman Wahid alias Gus Dur ini.

“Innalillahi wa inna ilaihi raji’un. Semoga semua kebaikan Pak Rizal Ramli diterima-Nya, dan semua kekurangannya diampuni. Lahu al-fatihah,” tulis putri sulung Gus Dur, Alissa Wahid.

Bagi banyak orang, Rizal Ramli yang sudah malang melintang menduduki posisi eksekutif ini sudah seperti seorang guru.

Meski kerap vokal terhadap pemerintahan, pemikiran cerdasnya di berbagai bidang, termasuk bidang ekonomi banyak diakui oleh pemangku kepentingan.

Hal senada juga disampaikan mantan Menteri Keuangan Chatib Basri. Ia yang mengenal Rizal Ramli sejak zaman mahasiswa itu memandang almarhum seorang ekonom cerdas.

“Saya mengenal Rizal sejak zaman mahasiswa. Ekonom yang cemerlang, aktivis yang gigih. Saat saya di pemerintahan, kritiknya bukan main pedasnya. Tapi saya tahu itu dibutuhkan untuk Indonesia yang lebih baik. Selamat jalan Bang Rizal,” demikian kata Chatib Basri. (ist/pede)