Pengurus PWI Bekasi Raya Bersilaturahmi dengan Komandan Kodim 0507 Kolonel Arm Rico Ricardo Sirait, Jalin Sinergitas & Tangkal Hoax Jelang Pemilu 2024

oleh -830 Dilihat
oleh
Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI Bekasi Raya) melakukan kunjungan silaturahmi ke Komandan Kodim 0507/Bekasi, Kolonel Arm. Rico Ricardo Sirait, Rabu (20/9/2023) pagi. (ist)

BEKASI BARAT, BEKASIPEDIA.com – Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI Bekasi Raya) melakukan kunjungan silaturahmi ke Komandan Kodim 0507/Bekasi, Kolonel Arm. Rico Ricardo Sirait, Rabu (20/9/2023) pagi.

Kunjungan silaturahmi ini untuk menjalin sinergitas antara insan pers dengan Kodim 0507 dalam menangkal berita hoax menyambut pesta demokrasi pemilihan umum (Pemilu), pemilihan presiden (Pilpres), dan pemilihan legislatif (Pileg) pada 14 Februari 2024 mendatang.

Dalam kunjungan ini, Ketua PWI Bekasi Raya Melody Sinaga didampingi Wakil Ketua I Hendri Siregar, Sekretaris Ade Muksin, Bendahara Robeks Sitompul bersama dua anggota. Kehadiran pengurus diterima di ruang kerja Rico Ricardo Sirait dengan penuh kekeluargaan.

Kepada Rico Ricardo Sirait, Melody Sinaga menjelaskan, saat ini anggota PWI Bekasi Raya tercatat 64 orang.

Sekitar 50 persen anggota yang terdaftar sudah mengikuti uji kompetensi wartawan (UKW).

Menurutnya, hampir setiap tahun PWI Bekasi Raya menggelar UKW demi meningkatkan kompetensi anggotanya.

“Sekitar 50 persen anggota PWI Bekasi Raya sudah mengikuti UKW sesuai peraturan yang telah ditetapkan oleh Dewan Pers. Sekitar 50 persen lagi sudah mengikuti Orientasi Kewartawanan dan Keorganisasian (OKK),” kata Melody Sinaga.

Melody Sinaga menjelaskan, UKW itu digelar dalam rangka meningkatkan kualitas dan profesionalitas wartawan.

Wartawan yang sudah mengikuti UKW, katanya, produk jurnalistiknya harus selalu melalui kerja serius, berdasarkan fakta, dan dapat dipertanggungjawabkan.

Terkait pemaparan Melody Sinaga, Kolonel Amr. Rico Ricardo Sirait sangat sependapat apabila semua wartawan diwajibkan mengikuti UKW.

Dia mengaku sangat menghormati profesi jurnalistik, karena ayahnya juga mantan wartawan.

“Saya sangat dekat dengan wartawan, karena saya pernah bertugas di Pusat Penerangan TNI. Selain itu, ayah saya juga mantan wartawan,” ujar Rico Ricardo mengawali perbincangannya dengan pengurus PWI Bekasi Raya.

Agar tetap bsa bersinergi dengan para jurnalis, kata dia, di Markas Kodim 0507/Bekasi yang baru diresmikan, telah difasilitasi ruangan media center.

Dia berharap ruangan itu bisa dimanfaatkan untuk saling sharing informasi dengan wartawan.

“Saya mengucapkan terima kasih karena pengurus PWI sudah berkenan datang bersilaturahmi ke sini. Walau tadi saya lagi mengikuti rapat zoom dengan Mabes TNI, saya tinggalkan untuk menemui saudaraku semua,” katanya sambil mengaku bangga jika bisa dekat dengan para wartawan.

Pada akhir kunjungan, pengurus PWI Bekasi Raya foto bersama dengan Komandan Kodim 0507/Bekasi Kolonel Arm. Rico Ricardo Sirait di ruang kerjanya.

Dia juga menyerahkan cindera mata kepada Melody Sinaga selaku Ketua PWI Bekasi Raya.

Sebelum meninggalkan ruangan Komandan Kodim, Melody Sinaga juga mengundang Rico Ricardo melakukan kunjungan balik ke Sekretariat PWI Bekasi Raya di Jalan Rawa Tembaga II No.1 Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat. (rls/pede)