Toyota Yaris Cross Tawarkan Varian Hybrid

oleh -230 Dilihat
oleh
New All Toyota Yaris Cross

BEKASIPEDIA.com – PT Toyota Astra Motor (PT TAM) meluncurkan secara global All New Yaris Cross di Indonesia, hadir dengan dua pilihan mesin, yakni 1.5 L bensin dan hybrid.

“Kami hadirkan secara world premiere model compact lima kursi baru untuk melengkapi pilihan solusi mobilitas, khususnya di segmen medium SUV yang semakin diminati masyarakat,” ujar Wakil Presiden Direktur PT TAM Henry Tanoto di Jakarta.

Henry mengatakan All New Yaris Cross hadir untuk memenuhi kebutuhan pelanggan muda berjiwa petualang yang aktif dan dinamis.

All New Yaris Cross, kata dia, memberikan performa berkendara yang menyenangkan, selaras dengan visi global Toyota dalam mencapai netralitas karbon dan menciptakan nilai-nilai baru dalam mendukung mobilitas masa depan pelanggan.

All New Yaris Cross membawa konsep “Solid & Dynamic”, dengan tampilan berkarakter khas SUV yang memiliki kabin kompak serta memaksimalkan volume interior.

Eksteriornya menampilkan garis-garis karakter yang mengekspresikan penampilan solid dan tangguh. Dari depan, siluet tajam bersama dengan grille trapezoidal atas dan bawah dengan ukuran berbeda, mengekspresikan penampilan yang semakin gagah.

Desain atap yang miring ke belakang dipadukan dengan spatbor melebar mengekspresikan siluet yang memberi kesan kokoh dan stabil di samping.

Desain lampu belakang menggunakan kombinasi LED, sedangkan bumper belakang tampil dengan gaya SUV modern.

Masuk ke dalam kabin, All New Yaris hadir dengan panel soft dashboard yang lebar serta panoramic glass roof with power sunshade. 

Kokpit driver-oriented fokus pada panel instrumen TFT 7 inch digital yang dapat dikostumisasi, dipadukan dengan black piano finish serta bahan lembut dan ornamen berlapis satin.

All New Yaris Cross memiliki dimensi panjang 4.310 mm, lebar 1.770 mm, tinggi 1.615 mm, wheelbase 2.620 mm serta high rocker panel height mencapai 260 mm. Adapun radius putarnya sebesar 5,2 meter. 

Mobil ini juga menawarkan ruang interior yang luas, dengan untuk lima penumpang, ruang penyimpanan barang berlimpah, dan bagasi yang luas. 

Terdapat pula teknologi power back door dengan sensor tendangan yang mempermudah akses pengemudi terhadap barang bawaan.

All New Yaris Cross dilengkapi pilihan mesin hybrid dan mesin bensin, di mana keduanya sama-sama berkapasitas 1.500 cc 4 silinder.

Dapur pacu hybrid sanggup menghasilkan tenaga 82 kW, dilengkapi EV Mode dan transmisi CVT yang bersinergi dengan motor listrik untuk menggerakkan as roda depan.

Mobil yang diproduksi secara lokal ini juga mengaplikasikan Toyota Hybrid System (THS) disertai pengembangan pada motor listrik dan pemakaian baterai Lithium-Ion yang diklaim lebih kompak dan bertenaga.

Penggunaan baterai Lithium-Ion sebagai yang pertama pada Hybrid EV Toyota di Indonesia, memiliki keunggulan lebih tahan suhu kerja ekstrem dan berukuran lebih kompak.

Sementara pada model bensin menggunakan mesin 1.500 cc 4 silinder Dual VVT-i bertenaga 78 kW dan torsi 138 Nm. Tersedia pilihan transmisi manual lima percepatan dan CVT yang diklaim hemat bahan bakar.

All-New Yaris Cross telah mendapatkan berbagai fitur keselamatan, mulai dari electric parking brake (EPB) dengan auto brake hold, enam kantong udara, rem ABS+EBD+BA, sensor parkir, emergency stop signal, hill start assist (HSA), vehicle stability control (VSC), rear cross traffic alert (RCTA), dan blind spot monitor (BSM).

Fitur Panoramic View Monitor juga hadir untuk memberikan bantuan visibilitas yang menyeluruh ketika berkendara.

Teknologi active safety canggih Toyota Safety Sense (TSS) serta advanced convenient features T Intouch turut disematkan pada All New Yaris Cross.

Toyota belum mengumumkan secara resmi harga dari All New Yaris Cross. Namun, Marketing Director PT TAM Anton Jimmi Suwandy menyebut mobil tersebut akan dijual dengan rentang harga Rp300 juta hingga Rp400 juta.

“Toyota berharap All-New Yaris Cross dapat diterima oleh pelanggan yang lebih luas dan menjadi benchmark di segmennya, sehingga mengakselerasi pemakaian kendaraan elektrifikasi Toyota yang tetap sanggup memenuhi kebutuhan performance dan fuel efficienct disertai kenyamanan, pengendalian, dan fungsionalitas tinggi,” kata Anton. (ant/rus)