Orang Batak Wajib Tonton Film “Tulang Belulang Tulang”, Angkat Budaya Batak Toba

oleh -1155 Dilihat
oleh
Film “Tulang Belulang Tulang” karya Sutradara Sammaria Sari Simanjuntak persembahan Adhya Pictures dan Pomp Films. (ist)

JAKARTA, BEKASIPEDIA .com – Bagi Orang Batak perantauan maupun yang sudah blasteran dengan suku lain di Bekasi, Film “Tulang Belulang Tulang” karya Sutradara Sammaria Sari Simanjuntak persembahan Adhya Pictures dan Pomp Films ini cocok untuk ditonton bersama keluarga.

Film ‘Tulang Belulang Tulang’ ini telah merilis teaser trailer terbaru dengan mengangkat keunikan budaya Batak Toba di dalamnya.

“Film ‘Tulang Belulang Tulang’ bercerita tentang komedi roadtrip keluarga Batak yang akan melakukan upacara Mangokal Holi. Keluarga ini melakukan perjalanan dari Bandung ke tanah adat di Toba, tapi, di perjalanan, tulang-belulang tersebut justru hilang,” kata Sammaria, Sutradara film “Tulang Belulang Tulang”, dikutip dari keterangan persnya diterima di Jakarta pada Senin (29/1/2024).

Dalam teaser trailer tersebut, terdengar suara narator atau tokoh Tulang Tua (kakek buyut) yang sedang mengisahkan keluarganya sendiri saat akan melakukan upacara adat Mangokal Holi.

Upacara Mangokal Holi merupakan tradisi pemindahan tulang belulang leluhur ke tanah adat dan dilakukan oleh keluarga Batak yang mampu melaksanakannya.

Tulang belulang Sang Tulang Tua (Kakek Buyut) pun dibawa dalam sebuah koper oleh keluarga Mami Laterina (Atiqah Hasiholan) yang hendak naik pesawat dari Bandung menuju Danau Toba, tanah adat keluarga mereka.

Sayangnya, keluarga Mami Laterina kehilangan koper tersebut dan membuat seluruh keluarga harus mencarinya sampai ketemu.

“Kalau semua lancar-lancar aja, nggak ada cerita kita!” kata Tulang Tua yang menjadi narator di teaser film ini.

Melalui teaser trailer “Tulang Belulang Tulang”, penonton akan diperlihatkan dengan keindahan alam Danau Toba yang menjadi latar cerita dari film ini.

Selain itu, kelucuan keluarga Mami Laterina senantiasa menemani perjalanan mereka untuk mencari tulang belulang Sang Tulang Tua.

Menariknya, film ini didukung oleh Direktorat Perfilman, Musik, dan Media Kemendikbudristek. Film ini merupakan hasil inkubasi dari program Indonesiana Film 2021 dan rencananya akan tayang di bioskop tahun 2024 ini.

Sementara ini, film “Tulang Belulang Tulang” dibintangi oleh aktor dan aktris yang kebetulan memiliki darah keturunan Sumatra Utara, antara lain Atiqah Hasiholan (Mami Laterina), Tanta Ginting (Tulang Ucok), Tasha Siahaan (Cian), David Saragih (Papi Mondo), Cornel Nadeak (Alon), Lina ‘Mak Gondut’ Marpaung (Opung Tiolin) dan Landung Simatupang (Tulang Tua). (ist/pd)