TPU Terkena Banjir, Koramil 04/Jatiasih Bersama Tiga Pilar & Warga Ramai-ramai Karya Bakti Lakukan Pembersihan

oleh -798 Dilihat
oleh

JATIASIH, BEKASIPEDIA.com – Akibat luapan aliran sungai yang tinggi, Tempat Pemakaman Umum (TPU) yang berada di wilayah Kelurahan Jatisari terendam air yang mengakibatkan sampah dan lumpur merusak kondisi lahan TPU tersebut menjadi sangat kotor.

Melihat kondisi tersebut, Koramil 04/Jatiasih Kodim 0507/Bekasi berinisiasi untuk mengajak Polri (Polsek Jatiasih), Aparatur Kecamatan & Kelurahan Jatiasih serta Pengelola TPU Jatisari, Mitra Jaya, Linmas dan juga Warga Masyarakat, melakukan Karya Bakti Pembersihan TPU yang berlokasi di Rt 04/Rw 02 Jln Sirojul Munir Kelurahan Jati Sari, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi, pada Senin (4/12/2023).

Pelaksanaan kegiatan Karya Bakti pembersihan TPU sebagai tindaklanjut instruksi dari Komando Atas tentang tanggap terhadap penanggulangan bencana banjir di wilayah binaan masing masing.

Danramil 04/Jatiasih, Mayor Inf Sanusi Firdaus, menyampaikan kepada awak media saat di konfirmasi melalui telpon selulernya mengatakan bahwa lokasi TPU yang berlokasi di Rt 04/Rw 02 Jln Sirojul Munir Kelurahan Jati Sari tersebut memiliki luas sekitar 3 Hektar yang berbatasan langsung dengan kali Jatiasih yang merupakan aliran sungai sambungan dari sungai besar dari arah Bogor.

“Untuk lahan seluas itu, kami bersama tiga pilar dan warga berkolaborasi untuk membersihkan lahan yang tertutup lumpur dan sampah yang berserakan”, ucap Mayor Sanusi, Rabu (6/12/2023).

“Sebanyak 72 orang yang dikerahkan, kami membaginya menjadi beberapa titik, namun di fokuskan di titik lokasi yang berbatasan langsung dengan pinggiran kali, karena lumpur yang menutupi pemakaman warga sangat tebal”, tuturnya.

“Pembersihan tersebut dilakukan dengan cara mengeruk lumpur dengan alat yang sudah disiapkan seperti Cangkul, Garpu, Sekop. Untuk pengangkutan sampah menggunakan kantong sampah dan pengangkutan lumpur kita menggunakan karung”, jelas Mayor Sanusi Deski F.

Di lokasi yang sama pengelola TPU Jatisari menyampaikan ucapan trimakasih kepada pihak terkait khususnya Koramil 04/Jatiasih yang telah mengerahkan anggotanya untuk membantu membersihkan lahan TPU yang terendam banjir.

“Terimakasih Pak Danramil dan pak Babinsa, yang sudah membantu membersihkan TPU di wilayah kami, semoga kegiatan ini memberikan manfaat untuk kita semua”, ucapnya.

“Kalau TPU sudah bersih nanti rumput-rumputnya akan kami lakukan pembabatan dan menata kembali makam yang terendam lumpur, sampai dengan rampung dibersihkan sisa lumpurnya”, ujar Heru salah satu pengurus TPU Jatisari.

Apresiasi dan ungkapan trimakasih turut disampaikan warga sekitar, dimana mereka merasa terbantu dalam membersihkan lahan TPU yang kotor dan saat ini menjadi lebih bersih dari sebelumnya.

“Kami sangat mengapresiasi dan mengucapkan trimakasih, karena adanya bantuan dari Koramil 04/Jatiasih dan pihak lainnya, lahan TPU yang tadinya kotor dengan sampah dan lumpur sekarang menjadi bersih lagi”, tutur Anggito salah satu warga yang turut hadir dalam kegiatan karya bakti pembersihan TPU. (rls/pede)