Pj Gubernur DKI Jakarta Resmikan Taman Jaticimel Sebagai Upaya Wujudkan Lingkungan Berkelanjutan

oleh -191 Dilihat
oleh
Penjabat (Pj.) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono meresmikan fasilitas umum (fasum) Taman Jaticimel, Kelurahan Cipinang Melayu, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur, pada Jumat (23/2/2024). (ist)

JAKARTA, BEKASIPEDIA.com – Penjabat (Pj.) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono meresmikan fasilitas umum (fasum) Taman Jaticimel, Kelurahan Cipinang Melayu, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur, pada Jumat (23/2/2024).

Peresmian tersebut dilakukan secara simbolis oleh Pj. Gubernur Heru dengan menandatangani sebuah prasasti yang didampingi oleh Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Joko Agus Setyono beserta jajaran.

Sebelum peresmian, Pj. Gubernur Heru turut menanam pohon jamblang dan leci di taman tersebut.

Setelah itu, Pj. Gubernur Heru meninjau area taman dari viewing deck kayu.

Dalam kesempatan ini, Pj. Gubernur Heru berharap, kehadiran taman bisa menambah nilai keasrian suatu kawasan. Adanya penataan kawasan dengan menambah ruang hijau juga sebagai upaya mewujudkan lingkungan Jakarta yang berkelanjutan.

“Hari ini kita bersyukur bahwa Taman Jaticimel telah diresmikan sebagai penanda babak baru dalam penataan kawasan di Cipinang Melayu. Keberadaan taman ini, selain mempercantik kawasan, juga diharapkan bisa dioptimalkan warga untuk digunakan dalam kegiatan positif,” ujar Pj. Gubernur Heru.

Pj. Gubernur Heru juga mengapresiasi berbagai fasilitas yang tersedia di taman ini. Penataan taman pun dinilai estetik.

“Dilihat dari segi estetikanya, taman ini sangat bagus. Lalu, fasilitas yang ada juga sangat menunjang, baik yang ingin berolahraga, bersantai, bahkan yang ingin menikmati keindahan taman. Kami ingin taman ini bisa menjadi simpul mempererat kerukunan warga,” jelas Pj. Gubernur Heru.

Pj. Gubernur Heru berharap, warga sekitar, khususnya di Cipinang Melayu, bisa merawat fasum ini. Sehingga, selain bisa berguna untuk kegiatan banyak orang, juga bisa dirasakan oleh generasi penerus di masa depan.

“Kami berpesan kepada warga, agar bisa merawat dan menjaga fasum ini, sebagai tanggung jawab bersama. Hal ini agar Taman Jaticimel bisa dirasakan manfaatnya hingga generasi penerus,” pungkas Pj. Gubernur Heru.

Perlu diketahui, Taman Jaticimel dibangun pada Mei 2023 dan rampung pada Oktober 2023, dengan luas 5.322 meter persegi.

Taman ini memiliki berbagai fasilitas, seperti taman bermain anak, ruang membaca, lapangan multifungsi, area pejalan kaki, pos jaga, toilet, viewing deck, serta area parkir.

Dalam peresmian tersebut, turut hadir Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup Sekda Provinsi DKI Jakarta Afan Adriansyah, Kepala Biro Kerja Sama Daerah Setda Provinsi DKI Jakarta Marulina Dewi, Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta Bayu Meghantara, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian Provinsi DKI Jakarta Suharini Eliawati, serta Wali Kota Administrasi Jakarta Timur M. Anwar. (rls/ig)