Nyok Liburan di Jakarta, Bisa Pantau dari Platform Satu Pintu Hingga Jam Operasional Tempat Wisata

oleh -1791 Dilihat
oleh

BEKASIPEDIA.com, JAKARTA – Tidak mudik ke kampung halaman bukan menjadi halangan untuk menikmati kemeriahan hari libur Lebaran di Jakarta.

Tak perlu ke mana-mana, Jakarta siap menyambut warganya dengan segudang destinasi dan atraksi untuk bervakansi, mulai dari wisata alam, budaya, kuliner, taman cantik, hingga sejarah yang seru dan menyenangkan.

Menariknya, berbagai pilihan paket wisata menarik tersebut telah disiapkan dan dapat diakses melalui platform satu pintu wisata Jakarta, jakcation.id.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Provinsi DKI Jakarta Andhika Permata menjelaskan, paket-paket wisata ini merupakan hasil koordinasi Disparekraf DKI Jakarta dengan Asosiasi Travel Agent Indonesia (ASTINDO), Indonesian Hotel General Manager Assosiation (IHGMA), Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (PUTRI), Teman Parekraf Nasional (TEPANAS), dan Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI).

“Warga Jakarta bisa dengan mudah mengakses lokasi destinasi wisata ini karena ada berbagai informasi, mulai dari gambaran lokasi wisata, harga tiket masuk, aktivitas dan atraksi, paket tur, tempat menginap, hingga pilihan moda transportasi, seperti MRT, TransJakarta, dan KRL Commuter Line,” terang Andhika di Jakarta seperti dilansir Jumat (21/4/2023).

Andhika menambahkan, ada penyesuaian waktu operasional tempat wisata saat libur Idulfitri 1444 Hijriah.

Beberapa tempat wisata tidak beroperasi pada 1 Syawal 1444 Hijriah (hari pertama Lebaran), namun siap menyambut kedatangan pengunjung kembali pada hari kedua Idulfitri.

Sementara itu, Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta sebagai pengelola taman (Ruang Terbuka Hijau) di Jakarta menginfokan bahwa tempat wisata taman yang tutup saat Lebaran, yaitu Taman Lapangan Banteng, Taman Margasatwa Ragunan, dan Tebet Eco Park.

Taman-taman tersebut akan buka kembali pada H+1 dengan jam operasional masing-masing.

Taman Lapangan Banteng buka pada pukul 06.00-20.00 WIB, Taman Margasatwa Ragunan pada pukul 07.00-16.00 WIB, serta Tebet Eco Park pada pukul 06.00-18.00 WIB.

Bagi warga yang akan berkunjung ke Tebet Eco Park dapat mendaftarkan diri secara online melalui aplikasi JAKI atau linktr.ee/tebetecopark.

Kantung parkir motor/mobil tersedia di sekitar Tebet Eco Park yaitu di Sarana Jaya, Gedung Graha Pratama, Gedung Wisma Pede, SPBU MT Haryono 31-128, dan SMPN 37 (hanya pada akhir pekan). Sementara, untuk parkir sepeda tersedia di dalam area taman.

Pemprov DKI mengimbau kepada warga yang akan berkunjung ke tempat wisata untuk menggunakan transportasi publik agar tidak terjadi penumpukan kendaraan di lokasi, menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya, tidak merusak/mencoret-coret fasilitas yang ada, dan ikut bertanggung jawab dalam memelihara tempat wisata dengan baik.

Rayakan #JakartaBerlebaran dengan beragam aktivitas seru bersama keluarga di berbagai lokasi pariwisata yang ada untuk mengukir #CeritaIdulfitriJakarta.

Informasi terkini mengenai ragam acara dan kegiatan, serta lokasi pariwisata yang ada di Jakarta dapat dipantau di platform jakcation.id dan aplikasi JAKI, serta media sosial instagram @dkijakarta, @disparekrafdkijakarta, dan @tamanhutandki. (dra/jek)