KPU Kota Bekasi Gelar Evaluasi Penetapan Kursi dan Dapil DPRD Kota Bekasi di Pemilu 2024

oleh -1064 Dilihat
oleh
Ketua KPU Kota Bekasi, Nurul Sumarheni dan Komisioner KPU Kota Bekasi, Ali Syaifa. (pede)

BEKASI BARAT, BEKASIPEDIA.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi menggelar Rapat Evaluasi Penetapan Jumlah Kursi dan Daerah Pemilihan DPRD Kota Bekasi di Pemilu tahun 2024, di Hotel Santika Mega City Bekasi, Jumat (18/8/2023).

Kegiatan ini diadakan, sehubungan telah ditetapkannya daerah pemilihan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Bekasi, pada Pemilu 2024 oleh KPU RI, melalui Peraturan Komisi Pemilu Nomor 6 tahun 2023.

Ketua KPU Kota Bekasi, Nurul Sumarheni menjelaskan, hal ini dilakukan sebagai evaluasi proses tahapan penetapan regulasi yang sudah dipenuhi, agar tidak adanya komplain terkait penetapan daerah pemilihan tersebut.

“Untuk daerah pemilihan sudah tidak ada perubahan karena sudah ditetapkan oleh KPU RI, dan per hari ini kan kami sudah menetapkan Daftar Calon Sementara (DCS) Anggota DPRD Kota Bekasi, nanti tanggal 19 Agustus kita umumkan,” ujar Nurul selepas acara.

Senada dikatakan oleh Komisioner KPU Kota Bekasi, Ali Syaifa, bahwa pengumuman DCS akan dilakukan pada tanggal 19-23 Agustus 2023, dan dikabarkan melalui media cetak, elektronik (radio), serta media sosial yang dimiliki oleh KPU.

“Kalau nanti ada masyarakat yang memberikan tanggapan, baik terkait kebenaran administrasinya, rekam jejaknya, kami akan melakukan verifikasi dan klarifikasi, nanti hasilnya akan menjadi dasar penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) pada tanggal 3 November 2023 mendatang,” tegas Ali.

Ia menjelaskan, tujuan pengumuman DCS ini agar masyarakat mengetahui caleg-caleg yang diajukan oleh parpol untuk dimintai tanggapan ataupun masukan dari Masyarakat.

“Finalnya adalah tahapan pengajuan pencalonan anggota DPRD Kota Bekasi dengan dikeluarkan surat keputusan penetapan DCT oleh KPU Kota Bekasi,” jelas Ali. (pede/arif)