Tip Memilih Jas Pria yang Tepat Untuk Undangan Formal

oleh -
Salah satu karya jahit jas dari Lands Tailor. (ist)

BEKASIPEDIA.com – Berkesempatan untuk menghadiri suatu acara yang mengharuskan Anda mengenakan setelan jas? Untuk mendapatkan tampilan yang sempurna, pastikan Anda memilih jas pria yang benar-benar sesuai dengan bentuk tubuh, baik dari segi bahan, model maupun ukurannya.

Jas dapat dikategorikan ke dalam jenis busana resmi yang hanya dipakai pada kesempatan khusus untuk menampilkan kesan rapi dan profesional pada pemakainya.

Setelan jas sendiri umumnya terdiri dari sebuah jas dan sebuah celana panjang yang dibuat dari kain yang sama dengan bahan jas.

Sebagai pelengkap gaya penampilan pria, jas yang berkembang di masa modern ini pada prinsipnya dapat dibedakan ke dalam tiga macam kategori yaitu jas pesanan yang dibuat secara custom, jas modifikasi dan jas pria siap pakai yang harganya relatif lebih terjangkau.

Jas yang dibuat secara custom merupakan jenis jas yang dapat dipesan khusus ke penjahit tailor. Nah, kelebihan dari jas ini yaitu bahan, warna, model dan ukurannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan pria.

Jas modifikasi merupakan jas yang dijual dalam bentuk jadi namun bisa diubah atau dimodifikasi sesuai permintaan pemakainya.

Sedangkan jas pria siap pakai termasuk ke dalam jenis kategori jas yang dibuat sesuai standar ukuran tertentu yang ditetapkan pembuat jas.

Diantara ke tiga pilihan yang ada, jas yang dibuat secara custom biasanya memiliki kualitas yang lebih baik dari segi ukuran maupun potongannya karena dibuat langsung sesuai ukuran tubuh pemesan. Tapi kalau anda tidak mau ribet, membeli jas siap pakai juga tidak ada salahnya kok.

Tips Memilih Jas Pria

Berencana untuk membeli jas pria sebagai pelengkap gaya penampilan saat bekerja atau menghadiri acara lain yang bersifat formal?

Biar tidak salah pilih berikut kami bagikan beberapa hal penting yang layak dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam memilih jas pria yang sesuai dengan kebutuhan anda. MC

1. Bahan Jas Pria

Pastikan jas pria yang hendak anda pilih terbuat dari bahan yang berkualitas, tidak panas saat dipakai dan memiliki kemampuan yang sangat baik dalam hal menyerap keringat.

Untuk mengecek kandungan bahannya, anda bisa memeriksa bagian label yang disertakan pada pembelian jas.

Bergantung pada bahan baku pembuatannya sampai saat ini bahan kain yang dapat digunakan untuk membuat jas sendiri secara umum dapat dikategorikan menjadi tiga kelompok besar, yakni berupa bahan serat alam, serat sintetis dan serat campuran.

Serat Alam

Serat alami merupakan jenis serat yang diproduksi atau dihasilkan oleh tumbuhan, hewan dan proses geologis.

Karena terbuat dari bahan alami serat jenis ini memiliki sifat yang mampu mengalami pelapukan.

Contoh serat alam yang diperoleh dari hewan salah satunya yakni berupa serat wool yang diambil dari kelinci, bulu domba dan biri-biri.

Contoh serat alam yang diperoleh dari tumbuhan yakni berupa katun, sutra, linen dan lain sebagainya.

Untuk menciptakan bahan kain yang berkualitas dalam perkembangannya, serat wool sering dikombinasikan dengan serat alam yang lain.

Campuran wool dengan serat sutra dapat menimbulkan efek-efek khusus seperti efek lembut dan berkilau.

Campuran wool dengan khasmir dapat menimbulkan efek “jatuh” tapi tetap mantap.

Campuran wool dengan mohair dapat menimbulkan efek kokoh dan mengkilap.

Serat Sinetis

Serat sintetis merupakan jenis serat yang umumnya berasal dari bahan petrokimia namun ada juga serat sintetis yang dibuat dari selulosa alami, misalnya saja serat rayon yang disebut juga selulosa regenerasi.

Sifat umum dari serat buatan yaitu kuat dan lebih tahan gesekan.

Bahan jas yang biasa dibuat dari serat sintetis yakni berupa high twist dan teteron rayon (TR).

Bahan High Twist

Bahan high twist tercipta dari polyester sampai-sampai sifat kainnya mempunyai permukaan halus, warnanya mengkilap, tekstur yang sangat kaya dan tidak mudah kusut. Kekurangan utama kain high twist ialah sifatnya yang panas dan tidak dapat menyerap air.

Bahan Teteron Rayon (TR)

Bahan tetoron rayon alias polyester rayon merupakan salah satu bahan jas yang sbuat dari serat sintetis. Karena dibuat dari serat sintetis tidak dapat dipungkiri bahwa kain ini masih memiliki banyak kekurangan dibanding wool.

Serat Campuran

Serat campuran merupakan jenis serat kain yang diperoleh dari penggabungan serat alami dan serat sintetis. Tujuan dicampurkannya kedua jenis serat tersebut yaitu untuk mengurangi kelemahan dari sifat salah satu bahan.

Bahan jas yang biasa dibuat dari serat campuran yakni berupa bahan semi wool, bahan silk wool dan kain drill.

Nah, jika Anda membutuhkan tailor atau tukang penjahit jas pria yang paling rapih di Bekasi.

Silahkan datangi workshop LANDS TAILOR yang berlokasi di Jl. Kalibaru Barat No. 41, RT 004/RW 015, Kota Baru, Bekasi Barat, Kota Bekasi, Jawa Barat. Telp/WA ke 081212181979 / 081287976713. (jek)