Setelah Lakukan Operasi Lasik, Apakah Aman Menggunakan Lensa Konta

oleh -500 Dilihat
oleh
Lensa Kontak. (ist)

JAKARTA, BEKASIPEDIA.com – Dalam bidang operasi refraksi mata, lasik telah menjadi prosedur terkemuka untuk meningkatkan kemampuan melihat dengan jelas tanpa kacamata atau lensa kontak.

Namun pascaoperasi, mata mengalami masa penyesuaian yang signifikan dan pada masa inilah pasien harus sangat waspada terhadap kesehatan mata mereka terutama pada pemakaian lensa kontak berwarna.

Konsultan Senior di Rumah Sakit Mata Sharp, Dr Anurag Wahi berbagi informasi mengenai lensa kontak berwarna, terutama yang bersifat kosmetik dan non-resep, dapat menimbulkan risiko tertentu pada mata pasca lasik.

“Berbeda dengan lensa bening, lensa berwarna sering kali mengalami penurunan permeabilitas oksigen. Berkurangnya pasokan oksigen ke kornea dapat menyebabkan hipoksia kornea, suatu kondisi di mana kornea kekurangan oksigen yang cukup,” katanya seperti dilansir dari antaranews.com pada Senin (8/1/2024).

Seiring waktu, hal ini berpotensi menyebabkan komplikasi seperti neovaskularisasi, di mana pembuluh darah baru menyerang kornea dan menyebabkan gangguan penglihatan.

Komplikasi lain yang dikhawatirkan adalah keratitis mikroba, infeksi kornea yang menyakitkan dan berpotensi mengancam penglihatan.

Ia menambahkan setelah satu bulan menjalani operasi pasien masih diawasi di bawah bimbingan dokter.

Lensa kontak berwarna dapat diresepkan oleh tim medis biasanya untuk tujuan kosmetik dan bukan untuk penggunaan rutin.

Lensa kontak tersebut harus dirawat dengan praktik kebersihan yang ketat agar dapat membuat perbedaan besar dalam kejernihan penglihatan seseorang.

Dokter Mata Senior di Rumah Sakit Mata Bharti Dr Bhupesh Singh mengatakan periode pasca operasi sangatlah penting dan pasien disarankan untuk sangat melindungi mata mereka untuk memastikan hasil yang optimal.

Lensa berwarna, terutama yang tidak dirancang khusus untuk mata pasca bedah, dapat menimbulkan tantangan tertentu. Lensa yang tidak pas dapat menghambat pertukaran air mata secara alami, sehingga menyebabkan gejala mata kering yang dapat diperburuk pada mata pasca lasik.

Proses pewarnaan pada beberapa lensa dapat mengganggu transmisibilitas oksigen material yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan kornea mata.

Jika daya tarik lensa berwarna terlalu kuat untuk ditolak, sangat penting untuk memilih lensa yang memenuhi standar medis, kemungkinan terbuat dari silikon hidrogel (dikenal dengan permeabilitas oksigen yang tinggi) dan telah diperiksa oleh spesialis perawatan mata.

Tindak lanjut secara rutin, menjaga kebersihan lensa dan mewaspadai setiap perubahan pada penglihatan atau kenyamanan merupakan langkah penting dalam memastikan kesehatan mata pasca-lasik.

Di dunia yang serba cepat, sangat mudah untuk terjebak dalam tren yang cepat. Namun, kesehatan mata Anda harus selalu menjadi prioritas utama. Berkonsultasi dengan dokter mata memastikan bahwa pilihan Anda selaras dengan kesehatan mata Anda, menawarkan gaya dan keamanan. (ist/ant)