Cara Membuka Toko Online agar Bisa Dapat Cuan Banyak

oleh -

BEKASIPEDIA.com – Pernah bermimpi menjadi pebisnis yang bisa menjalankan usaha dari mana saja? Yups. Jenis usaha online memang sangat menarik.

Bukan hanya karena mudah untuk mengelolanya, tetapi juga banyak yang membuktikan bisa mendapatkan cuan maksimal.

Sebelum menjalankan bisnis ini, Anda perlu mempelajari cara membuka toko online yang baik sehingga bisa langsung mendapatkan cuan.

Dalam berbisnis untung dan rugi memang bisa dialami oleh siapa saja. Namun dengan pengelolaan yang benar dan tekad kuat, Anda dan siapa saja pasti bisa mendapatkan banyak uang.

Di Indonesia jumlah pengguna internet terus meningkat. Ini yang menjadi alasan bisnis dengan menggunakan media digital akan terus berkembang dan menguntungkan.

Cara Membuka Toko Online yang Mudah dan Cepat Berkembang

Seperti membuka toko offline, ketika akan berbisnis secara online pun perlu mempelajari strategi dan tekniknya sehingga cepat mendapatkan cuan.

Bisnis online menjadi pilihan banyak orang karena jangkauan market luas dan biaya operasional rendah. Namun hal ini justru menjadikan jenis usaha tersebut banyak pesaingnya karena banyak orang yang tertarik untuk menjalankannya.

Ilmu digital marketing sangat penting bagi pebisnis online agar bisa mendapatkan banyak keuntungan. Bukan hanya saat usaha sudah berjalan, tahap persiapannya pun harus matang sehingga usaha yang dijalankan bisa berkembang dan menguntungkan.

Berikut ini yang harus dilakukan oleh pebisnis ketika akan membuka toko secara online.

1. Susun Bisnis Plan

Bisnis merupakan jenis kegiatan jangka panjang yang bisa saja menemui banyak hambatan dan kendalang. Namun sebaliknya, tidak sedikit yang bisa menemukan peluang dan kesempatan.

Untuk memulai menjalankannya, Anda perlu menyusun strategi dalam bentuk bisnis plan. Dalam pembuatannya perlu mempertimbangkan beberapa poin dan mencari alternatif jika ada kendala.

Deskripsi: gambaran tentang usaha penting agar Anda mudah mengelola dan mengarahkan jalannya bisnis.

Hal ini merupakan dasar sebelum memulai untuk membuka dan menjalankan semua bentuk usaha.

Analisa pasar: dengan melakukan Analisa pasar, Anda akan bisa mengetahui produk apa yang paling banyak peminatnya. Ini sangat berkaitan dengan kebutuhan modal dan dari mana akan mendapatkan supplier untuk usaha Anda.

Produk dan layanan: setelah menganalisa, seharusnya Anda sudah bisa mengetahui produk apa yang berpotensi dicari calon pelanggan. Anda juga bisa mengetahui model, desain, bentuk dan ukuran produk yang banyak peminatnya.

Rencana pemasaran: berikutnya yang tidak kalah penting adalah rencana pemasaran. Bagaimana Anda akan mengenalkan produk, strategi promosi dan berapa akan mengambil keuntungan dari semua item yang terjual. Dari kalkulasi ini Anda bisa memetakan kondisi keuangan usaha yang kemungkinan akan terjadi.

Logistik dan operasional: sebagai usaha online, peran logistik sangat penting. Jangan sampai salah pilih untuk hal ini karena menyangkut kepercayaan pelanggan.

Keuangan: pengelolaan keuangan penting perannya agar bisnis tetap bisa berjalan. Uang yang dimaksud adalah modal untuk membeli produk dan persiapan biaya operasional sebelum ada pemasukan.

2. Lakukan Riset

Setelah melakukan perencanaan secara matang, Anda perlu melakukan riset secara mendalam mengenai produk yang akan dijual.

Riset ini berkaitan dengan selera pasar, kompetitor, potensi market, trend sekarang dan yang akan datang.

Dari data yang terkumpul selama melakukan riset, Anda juga bisa memutuskan apakah akan memproduksi sendiri barang yang akan dijual atau maklon (bekerja sama dengan produsen namun menggunakan nama sendiri).

Selain itu bisa juga dengan menjadi reseller. Jika memilih sebagai reseller, maka Anda tidak perlu bingung memikirkan bagaimana memproduksi barang.

Semua proses dari pembelian bahan, pembuatan, packing sampai pengiriman akan ditangani oleh supplier.

Tugas Anda sebagai pedagang hanya memasarkan dan mencari konsumen sebanyak-banyaknya.

Jika memilih sebagai reseller, cara mendirikan toko online menjadi sangat simpel. Anda juga tidak perlu banyak berinvestasi karena semua sudah dikelola oleh produsen atau supplier.

3. Tentukan Target Pelanggan

Jenis pelanggan bermacam-macam. jika ingin sukses dalam memasarkan suatu produk, Anda perlu menentukan target secara lebih spesifik.

Pertimbangkan jenis produk dan kemudahan untuk menjangkau calon konsumen.

Sebagai contoh untuk jenis produk aksesoris Korea, market yang sesuai adalah remaja perempuan dan ibu-ibu muda.

Target ini masih bisa dispesifikkan kembali sehingga mudah mendapatkan pelanggan yang loyal dan terus tertarik dengan produk yang Anda pasarkan.

Dalam pengelompokkan target market, Anda bisa juga membaginya berdasarkan status sosial maupun demografi. Orang dengan penghasilan cukup dan memperhatikan penampilan tidak akan keberatan untuk membeli produk aksesoris dengan harga lebih mahal. Namun ada yang kurang memperhatikan kualitas selama harganya terjangkau.

4. Pilih Platform Terpercaya

Memilih tempat jualan secara online tidak bisa sembarangan, perlu menyesuaikan dengan jenis produk dan target market.

Anda bisa menjualnya di akun media sosial pribadi atau mendaftarkan toko online pada platform terpercaya.

Jika menggunakan akun pribadi, maka jaringan pemasarannya terbatas. Selain itu, Anda juga perlu menguasai ilmu untuk melakukan optimasi.

Berbeda jika mendaftarkan toko online dan berjualan di platform. Website dan aplikasi yang sudah optimal dengan sistem promosi yang sudah terencana menjadikan toko yang Anda kelola mudah ditemukan oleh pelanggan. Ini yang menjadi salah satu alasan cepat closing dan mudah cuan.

Salah satu platform untuk berjualan yang pasti untung adalah Blibli.

Blibli merupakan marketplace terbaik yang menyediakan berbagai barang kebutuhan. Sudah banyak yang bergabung sebagai seller dan mendapatkan keuntungan setiap hari. Kemudahan untuk mengakses dan melakukan pembelanjaan bagi konsumen menjadikannya pilihan banyak pelanggan.

Bagi seller, tersedia fitur yang beragam dan mudah untuk digunakan sehingga bisa meningkatkan penjualan.

Cara membuka toko online di Blibli juga sangat mudah. Dengan dukungan website dan platform terbaik, siapa saja bisa menjadi seller dan mendapatkan banyak keuntungan. (pede)