Wow Super Cepat! Jakarta ke Bekasi Hanya 45 Menit Naik LRT Jabodebek

oleh -808 Dilihat
oleh

JAKARTA, BEKASIPEDIA.com – Kali ini untuk datang ke Bekasi gak usah bingung. Pasalnya, waktu tempuh LRT Jabodebek dengan rute dari Stasiun Dukuh Atas, Jakarta Pusat hingga Stasiun Jatimulya, Bekasi hanya 45 menit, loh.

Sementara itu, rute Stasiun Dukuh Atas – Stasiun Harjamukti, Depok, ditempuh juga hanya dalam 40 menit.

Manajer Humas LRT Jabodebek Kuswardoyo mengatakan perjalanan tersebut ditempuh dengan kecepatan 50 km per jam hingga 80 km per jam. Kecepatan akan berubah-ubah sesuai jarak setiap stasiun.

“Kemudian juga tergantung pada sistem yang kita masukkan. Artinya ketika kereta di depannya mengurangi kecepatan maka kereta belakangnya juga mengurangi kecepatannnya,” kata Kuswardoyo saat uji coba LRT, Kamis (6/7/2023).

LRT Jabodebek nantinya dioperasikan tanpa masinis, tetapi Kuswardoyo memastikan moda transportasi itu tetap aman.

Bahkan, LRT Jabodebek diniliai lebih aman tanpa masinis karena menggunakan sistem yang mengatur kecepatan hingga mendeteksi berbagai gangguan.

Ketika sudah mencapai batas kecepatan maksimal maka sistem akan melakukan rem otomatis.

Begitu juga misalnya di jalan rel terdapat benda, maka sistem akan membuat kereta berhenti. “Demikian juga jika terjadi gempa, kereta akan berhenti otomatis,” katanya.

Sementara terkait tarif, KAI masih menunggu kepastian dari Kementerian Perhubungan. Sejauh ini, tarif yang diusulkan sebesar Rp25 ribu untuk perjalanan paling jauh.

Tarif LRT nantinya juga mempertimbangkan subsidi PSO yang diberikan pemerintah. Jika subsidi yang diberikan cukup besar, maka tarif bisa di bawah Rp25 ribu. “Kalau PSO-nya sedikit mungkin tarifnya akan lebih besar lagi,” katanya. (rus)

“Anda Bingung untuk Mengelola Sosial Media Perusahaan Anda? Serahkan ke Jaring Digital Creative, Spesialist Social Media Management, WA ke 081510868686”