Tanggul Sungai Citarum Bekasi Jebol, Ratusan Rumah Warga Terdampak Banjir

oleh -294 Dilihat
oleh

BEKASIPEDIA.com, MUARA GEMBONG – Tanggul Sungai Citarum di dua titik lokasi di Desa Pantaibahagia, Kecamatan Muaragembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, jebol. Akibatnya, ratusan permukiman terdampak air limpasan sungai dengan ketinggian bervariatif.

Dua titik tanggul Sungai Citarum yang jebol berada di Kampung Blukbuk dan Kampung Solokan Kendal. Tanggul di dua lokasi itu jebol sejak malam hari.

Dampak dari jebolnya tanggul Sungai Citarum ini, sebanyak 120 kepala keluarga (KK) dari dua RT di Kampung Blukbuk terendam banjir setinggi 30 sentimeter.

Sedangkan di Kampung Solokan Kendal, ada 250 kepala keluarga dari tiga RT yang terdampak banjir hingga setinggi 60 sentimeter.

“Jebolnya dari semalam, rumah warga sudah ada yang terendam banjir, tapi Alhamdulillah masih aman,” kata Sekretaris Desa Pantaibahagia, Ahmad Qurtubi, Selasa (28/2/2023).

Qurtubi mengatakan, tanggul Sungai Citarum di Kampung Solokan Kendal jebol sepanjang sekitar 70 meter.

Sedangkan di Kampung Blukbuk tanggul yang jebol sepanjang 10 meter.

“Penyebab tanggul jebol karena tingginya muka air yang saat ini mencapai di atas angka 12,4,” ujarnya.

Pemerintah desa setempat bersama warga menutup tanggul yang jebol secara darurat menggunakan karung berisi pasir dan bambu agar limpasan air Sungai Citarum ke permukiman warga tidak semakin deras.

“Upaya desa berkoordinasi dengan pihak terkait, mengkoordinir warga untuk goton royong dengan alat seadanya. Alhamdulillah sudah ditangani warga dan pemerintah desa secara gotong royong untuk menutup tanggul yang jebol,” ungkap Qurtubi. (ros/ist)

[embedyt] https://www.youtube.com/watch?v=qK17_2AuWIQ[/embedyt]