PEXITA Kerjasama dengan Dinkes Kota Bekasi Gelar Pelatihan & Penyuluhan Keamanan Pangan

oleh -208 views

MEDAN SATRIA, BEKASIPEDIA.com – Pengusaha Expo Inovatif Terampil dan Amanah (PEXITA) bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Bekasi menggelar pelatihan dan penyuluhan keamanan pangan pada Selasa (21/6/2022) di Aula Kantor Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Jawa Barat.

Kegiatan pelatihan dan penyuluhan keamanan pangan ini dibuka langsung oleh Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan, Hadi Prabowo yang didampingi Ahmad Rudy Hartono, Sub Kordinator Kefarmasian dan Alkes Dinas Kesehatan Kota Bekasi dan Ketua PEXITA, Elsa. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari hingga Rabu (23/6/2022).

Dalam pelatihan dan penyuluhan keamanan pangan ini diikuti ratusan pelaku UMKM klaster kuliner. Antusias terlihat dalam kegiatan tersebut pasalnya, setelah mengikuti pelatihan penyuluhan keamanan pangan ini, mereka akan memperoleh izin produk PIRT (Pangan Industri Rumah Tangga) dari Dinas Kesehatan Kota Bekasi.

“Selaku pengusaha harus juga memahami perundang-undangan kesehatan. Dalam pelatihan dan penyuluhan ini diberikan materi soal tersebut agar memahaminya dan mengerti apa saja bahan baku yang diperbolehkan atau tidak,” kata Hadi Prabowo.


Lebih lanjut diungkapkannya, bagi pelaku UMKM kuliner dengan memiliki izin produk PIRT atau izin edar maka pendistribusian pasar bisa lebih luas dan berkembang hingga mencapai pasar nasional.

“Dengan adanya komunitas seperti ini Dinas Kesehatan Kota Bekasi terbantu dan bisa memfasilitasi para pelaku UMKM untuk mendapatkan pelatihan dan penyuluhan keamanan pangan sehingga memudahkan untuk memperoleh PIRT,” jelasnya. (bp)