Kebakaran TPST Bantar Gebang Sudah Padam Kini Sudah Tahap Pendinginan

oleh -788 Dilihat
oleh
Petugas Pemadam Kebakaran Sedang Berusaha Memadamkan Api di PTSP Bantargebang. (ist)

BANTAR GEBANG, BEKASIPEDIA.com – Kebakaran terjadi di Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang milik DKI Jakarta yang berada Kelurahan Sumurbatu, Kecamatan Bantargebang, Kota Bekasi, Jawa Barat pada Minggu siang sekira pukul 14.00 WIB, Minggu (29/10/2023)

Kobaran api membakar gunungan sampah dan mengeluarkan asap hitam tebal tinggi berasal dari Zona 2 TPST Bantar Gebang akhirnya bisa dipadamkan petugas Damkar DKI Jakarta dan Kota Bekasi.

Menurut Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Bekasi, Aceng Solahudin, laporan dari petugas di lokasi menyebutkan api sudah bisa diatasi dan sekarang sudah sekitar satu jam lalu dan sekarang masuk tahap pendinginan. “Api sudah padam,” ujar Aceng seperti rilis yang dilansir Senin (30/10/2023).

Lanjut Aceng mengatakan, petugas damkar yang dikerahakan dari Damkar Jakarta Timur sebanyak 4 unit dari DKI Jakarta (Jakarta Timur) meluncur 4 unit ( High presure 2 unit, 1 unit medium dan 1 quick respon ), dan dari damkar Kota Bekasi sebanyak 4 unit.

Di tempat berbeda Namar Naris selaku Kabid Pemadam dan Penyelamatan Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bekasi menyampaikan, bahwa laporan yang masuk ke Damkar Kota Bekasi situasi terkini api sudah dapat diatasi, dan sekarang status nya dalam pendinginan. “Kini sedang dalam proses pendinginan,” katanya.

Lanjut Namar mengatakan, kebakaran terjadi di TPST Bantar Gebang di duga api berasal dari gas metan yang terbakar akibat cuaca panas.

“Diduga api berasal dari gas metan yang terbakar akibat cuaca panas, situasi terkini api sudah dapat diatasi petugas melakukan pendinginan, luas area sekitar 110 hektar dan luas yang terbakar 17 hektar ” ucap Namar melalui selulernya saat dihubungi wartawan.

Petugas di lokasi yaitu diantaranya Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bekasi, Dinas Gulkarmat DKI Jakarta (10) unit, BPBD Kota Bekasi, PMII Kota Bekasi, Tim Reaksi cepat Kota Bekasi, Dinas Kebersihan DKI Jakarta. (ist/pd)