Kapolres Metro Bekasi Kota Memberikan Tips Untuk Warga Sebelum Mudik Lebaran

oleh -
Kapolres Metro Bekasi Kota, Kombes Pol Hengki. (ist)

MEDAN SATRIA, BEKASIPEDIA.com – Mengantisipasi terjadinya aksi kriminalitas ketika masyarakat Kota Bekasi melaksanakan mudik lebaran, Polres Metro Bekasi Kota memastikan akan meningkatkan patroli.

Hal itu diungkapkan Kapolres Metro Bekasi Kota, Kombes Pol Hengki pada Jumat (22/4/2022).

Dia mengatakan peningkatan patroli sendiri dilakukan untuk mencegah gangguan kamtibmas serta memberikan rasa aman bagi warga Kota Bekasi.

“Ya jelas pasti. Setiap hari tidak kenal lelah kita akan melakukan patroli, pagi, siang hari, malam hari, subuh, untuk melakukan pencegahan gangguan kamtibmas,” kata Kombes Pol Hengki.

Ia memaparkan, ketika banyak masyarakat yang mudik ke kampung halaman, tentu beberapa rumah-rumah akan dalam kondisi kosong atau tidak berpenghuni. Hal seperti inilah yang menjadi sasaran para pelaku pencurian rumah kosong untuk beraksi.

Meski begitu, Hengki mengingatkan beberapa kepada masyarakat Kota Bekasi, ketika meninggalkan rumah untuk melakukan perjalanan mudik yaitu diantaranya:

Pertama yaitu melaporkan ke RT/RW atau petugas keamanan setempat, jika rumahnya dalam kondisi kosong.

“Warga yang meninggalkan rumah untuk mudik, kiranya menginformasikan kepada RT RW atau satuan pengamanan di tempat tinggalnya,” katanya.

Kedua, pihaknya juga meminta kepada masyarakat Kota Bekasi untuk menambah beberapa kunci ganda untuk rumah maupun kendaraan yang kemungkinan ditinggal saat mudik lebaran. Langkah-Langkah seperti setidaknya meminimalisir dibobol maling.

“Kedua, tambah kunci pengaman, di rumah rumah agar terhindar dari kasus kasus pencurian. Kendaraan yang ada juga ditambah kunci pengaman jika ditinggal, termasuk juga saat dibawa itu,” ujarnya.

Hengki mengaku sudah menyampaikan ke jajarannya di tingkat Polsek untuk meningkatkan pengamanan dan patroli ketika masyarakat Kota Bekasi tengah melaksanakan mudik lebaran.

“Sebelum puasa jauh hari kita mengumpulkan (anggota) dan sudah menyampaikan untuk mencegah gangguan kamtibmas, begal, pencurian dengan kekerasan, pencurai rumah kosong (Rumsong),” ucapnya. (ist/bp)

Anda Butuh MC (Master Ceremony) yang Bikin Seru Event di Bekasi, Silahkan Hubungi Pede Nian Ngebanyol di WA ke 081510868686