Kapolres Metro Bekasi Kota Bagikan Helm dan Masker Gratis ke Pengendara Sepeda Motor

oleh -
Kapolres Metro Kota Bekasi Kombes Pol Hengki dalam kegiatan Operasi Keselamatan Jaya 2022 membagikan helm dan masker bagi pengendara roda 2 yang terjaring Operasi Keselamatan Jaya 2022 saat melintas di Jalan Raya Ahmad Yani, Gerbang pintu tol Bekasi Barat, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Kamis Siang (10/3/2022). (ist)

BEKASI SELATAN, BEKASIPEDIA.com – Kapolres Metro Kota Bekasi Kombes Pol Hengki dalam kegiatan Operasi Keselamatan Jaya 2022 membagikan helm dan masker bagi pengendara roda 2 yang terjaring Operasi Keselamatan Jaya 2022 saat melintas di Jalan Raya Ahmad Yani, Gerbang pintu tol Bekasi Barat, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Kamis Siang (10/3/2022).

Dalam kegiatan Satlantas Polres Metro Bekasi Kota yang melibatkan unsur Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Kapolres juga ikut membagikan brosur operasi Keselamatan jaya yang berisi himbauan patuhi aturan lalulintas dan patuhi protokol kesehatan 5M. Petugas juga ikut membentangkan spanduk selama kegiatan berlangsung.

Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Pol Hengki dalam keterangannya kepada media mengatakan Satlantas Polres Metro Bekasi Kota dengan unsur 3 Pilar melaksanakan kegiatan Operasi Keselamatan Jaya 2022 dalam berlalulintas lintas yang berlangsung 14 hari dari tanggal 1 Maret 2022 hingga 14 Maret 2022.

“Hari ini, saya Kapolres Metro Bekasi Kota dan Kasatlantas AKBP Agung Pitoyo Putra melaksanakan Operasi Keselamatan Jaya 2022 dalam berlalu lintas yang berlangsung selama 14 hari kedepannya dan ini hari ke-12 (dua belas) sisa 3 hari (tiga) kedepan yaitu melaksanakan operasi keselamatan berlalulintas,” kata Kombes Pol Hengki didampingi Kasat Lantas AKBP Agung Pitoyo Putra saat membagikan helm ke pengendara motor yang kedapatan tidak menggunakan helm.

Dia katakan, kegiatan ini bertujuan agar supaya masyarakat di dalam berlalu lintas menggunakan sepeda motor roda dua dan roda empat dan roda enam lebih tertib dalam berlalu lintas.

Alasannya kenapa harus tertib berlalulintas selain untuk keselamatan diri sendiri juga untuk keselamatan orang lain.

“Kami mengajak seluruh lapisan masyarakat yang berada di Kota Bekasi untuk tertib di dalam berlalulintas, ingat ketika mengendarai sepeda motor khususnya ketika terjadi kecelakaan dengan tidak menggunakan helm saja akan berakibat fatal bagian yang bersangkutan dan yang juga ikut tertabrak yang lain,” terangnya.

Dia jelaskan, dalam kegiatan ini kita mensosialisasika dan edukasi serta mengajak masyarakat patuhi aturan berlalulintas salah satunya dengan membagikan helm bagi masyarakat yang tidak menggunakan helm agar sadar betapa pentingnya keselamatan didalam berlalulintas.

Menurutnya, fakta di lapangan masih ada oknum-oknum pengedara sepeda motor yang tidak tertib berlalulintas terutama yang harus melengkapi surat kendaraannya seperti STNK, SIM dan surat kendaraan lainnya dan yang tidak kalah penting adalah ketika menggunakan sepeda motor wajib memakai helm untuk keselamatan dirinya sendiri dan menjaga keselamatan orang lain juga.

“Untuk kegiatan hari ini, kita tidak ada sangksi untuk pengendara yang melanggar tapi memberikan edukasi dan himbauan kepada masyarakat Kota Bekasi seperti bagikan helm, bagi masker dalam sosialisasi patuhi protokol kesehatan, bagikan brosur, bentangkan spanduk keselamatan berlalulintas oleh anggota lalu lintas dan Dinas Perhubungan Kota Bekasi,” pungkasnya.

Salah satu warga yang terjaring razia operasi seorang ibu rumah tangga dengan berboncengan 2 anaknya dengan alasan baru menjemput anaknya saat ditanya Kapolres.

Karena kegiatan ini sosialisasi dan edukasi, Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Hengki memberikan 3 helm dengan terlebih dahulu menyampaikan terkait disiplin berlalulintas dan tujuan dari kepatuhan akan Disiplin Berlalulintas untuk keselamatan diri ibu tersebut dan kedua anaknya serta orang lain akibat resiko jika terjadi kecelakaan lalu lintas.

Ada puluhan pengendara yang terjaring, terutama yang tidak memakai helm, ada juga yang tidak memakai masker di dalam angkutan umum yang dirazia. Khusus pelanggar yang terjaring tidak memakai helm, mereka diberikan helm gratis. (rls/pede)