Terkait Video Penculikan Anak di Bekasi, Polisi Sebut Hoaks, Penyebar Bisa Dipidana

oleh -1238 Dilihat
oleh
Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Pol Hengki. (ist)

BEKASIPEDIA.com, MEDAN SATRIA – Belakangan ini sedang viral video seorang anak yang diculik dan dimasukkan ke dalam karung.

Kejadian tersebut dinaraskikan terjadi di Kota Bekasi.

Dalam video viral di media sosial tersebut bahwa ada aksi penculikan anak yang dimasukkan ke karung terjadi di wilayah Wisma Asri, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Polisi menyebut narasi dalam video itu tidak benar.

Kapolres Metro Bekasi Kota, Kombes Pol Hengki meminta apabila ada informasi terkait penculikan anak khususnya di Kota Bekasi bisa mengonfirmasi kebenarannya melalui layanan pengaduan masyarakat.

“Kalau ada berita begitu (penculikan anak-red), daripada bingung, tanya ke layanan pengaduan. Layanan pengaduan kan ada di 0813-2636-1995. Masyarakat bisa menanyakan ini benar atau enggak,” jelas Hengki saat dikonfirmasi wartawan, dikutip Senin (30/1/2023).

Ia menegaskan, penyebaran hoaks merupakan tindak pidana dan terancam hukuman penjara.

Menurut dia, para penyebar berita bohong bisa dipenjara hingga lima tahun. “Bagi penyebar hoaks, bagi mereka yang sering menyebarkan berita hoak atau menyebarkan berita bohong yang tidak benar, itu ada sanksi pidananya. Ancamannya lima tahun,” harapnya.

Hengki pun mengimbau warga untuk melakukan verifikasi terlebih dahulu terhadap informasi yang diterimanya.

“Artinya, masyarakat yang menerima informasi itu diteliti dulu, dibaca dulu, itu berita hoaks atau berita yang sudah lama. Jangan cepat men-share atau meneruskan berita-berita yang belum tahu (isinya),” ungkapnya.

Viral di Media Sosial

Untuk diketahui bahwa sebuah video diduga penculikan anak dimasukkan ke karung beredar di WhatsApp Group (WAG), dalam narasi yang beredar jika kejadian tersebut terjadi di Perumahan Wisma Asri, Bekasi.

Dalam video berdurasi 30 detik itu, terlihat seorang pria memasuki area halaman rumah warga yang saat itu kondisi gerbang rumah terbuka.

Di area teras rumah itu terdapat seorang anak seorang diri yang tengah bermain.

Tak berselang lama, seorang pria itu langsung menghampiri anak tersebut lalu membekap anak itu hingga pingsan.

Saat itu juga pria tersebut langsung mengambil karung yang ada di area.

Anak tersebut pun langsung di masukkan ke dalam karung oleh pria tak dikenal itu.

“Kejadian di perumahan Wisma Asri Bekasi. Gak segan-segan masuk ke dalam teras rumah, anak dibius dan dimasukkan ke karung (terekam cctv), tetap waspada,” demikian narasi video itu. (ist/pede)

[embedyt] https://www.youtube.com/watch?v=-IAA1AL-gRU[/embedyt]