Babinsa Jatiranggon Koramil 02/Pondok Gede Dukung PSN Cegah Penyebaran Wabah Penyakit Demam Berdarah dengan Patroli Keliling Kampung

oleh -86 Dilihat
oleh
Serda iwan Babinsa Jatiranggon Koramil 02/Pondok Gede jajaran Kodim 0507/Bekasi bersama tiga pilar, Bhabinkamtibmas, aparatur Kelurahan dan petugas Puskesmas Jatiranggon menggelar Keliling Kampung untuk kegiatan PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk) di wilayah Kelurahan Jatiranggon, Alamat Jln Raya Ujung Aspal RT 02/05, Kelurahan Jatiranggon, Kecamatan Jatisampurna, Kota Bekasi. Selasa (26/3/2024). (ist)

JATISAMPURNA, BEKASIPEDIA.com – Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) merupakan langkah antisipasi terhadap berkembang biaknya nyamuk Aedes aegypti penyebab penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Terkait hal itu, Serda iwan Babinsa Jatiranggon Koramil 02/Pondok Gede jajaran Kodim 0507/Bekasi bersama tiga pilar, Bhabinkamtibmas, aparatur Kelurahan dan petugas Puskesmas Jatiranggon menggelar apel PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk) di Halaman Kelurahan Jatiranggon, Alamat Jln Raya Ujung Aspal RT 02/05, Kelurahan Jatiranggon, Kecamatan Jatisampurna, Kota Bekasi. Selasa (26/3/2024).

Kegiatan apel tersebut dipimpin oleh Lurah Jatiranggon, Dedy Suryadi Hidayat.S,Ap, dalam amanatnya, menyampaikan bahwa kegiatan apel (PSN) Pemberantasan sarang nyamuk ini dalam rangka untuk mencegah penyebaran wabah penyakit demam berdarah yang saat ini sudah menyebar di Kota Bekasi.

“Untuk itu, saya menghimbau kepada seluruhnya agar bersama sama melaksanakan pembersihan di lingkungannya masing masing, terutama saluran air yang tergenang dan barang barang bekas yang sudah tidak di pakai agar di singkirkan,”ucapnya.

“Selesai apel ini kami sebagai Lurah Jatiranggon beserta unsur 3 Pilar akan melaksanakan monitoring dan woro woro ke warga di setiap RW dengan mengunakan kendaraan Ambulan Puskesmas dan motor,” lanjut Dedy Suryadi Hidayat.S,Ap.

“Kegiatan Woro Woro ini agar dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung Jawab karena ini dari kita Untuk kita dan untuk masyarakat semua,” tutupnya.

Di tempat lain Danramil 02/pondok Gede Mayor Inf Akhmad, menghimbau agar warga peduli lingkungan. Salah satu caranya dengan menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

Menurutnya pula, Masyarakat dapat melakukan langkah pencegahan DBD adalah dengan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) 3M yaitu menguras tempat-tempat penampungan air, menutup rapat semua tempat penampungan air, memanfaatkan kembali limbah barang bekas yang bernilai ekonomis (daur ulang).

“Langkah pencegahan lain yang bisa dilakukan diantaranya, memelihara ikan pemakan jentik nyamuk, menggunakan obat anti nyamuk, memasang kawat kasa pada jendela dan ventilasi, menghindari kebiasan menggantung pakaian dan menaburkan bubuk larvasida pada penampungan air,” terangnya. Rabu (27/3/2024).

Hadir Dalam Kegiatan tersebut, Lurah Jatiranggon ( Dedy Suryadi Hidayat.S,Ap ), Sek Kel Jatiranggon ( Herna ), Para Kasi Kelurahan Jatiranggon, Kapuskes Kel Jatiranggon ( dr. Carla ), Babinsa Jatiranggon ( Serda Iwan ), Bhabinkamtibmas (Aiptu Marpaung), Ketua LPM (Yosef Peking), Ketua RW dan RT Se Kelurahan Jatiranggon, Pamor Kel Jatiranggon, Para Kader PKK Kel Jatiranggon dan Anggota Jumantik Kel Jatiranggon. (rls/bp)