Antisipasi Penyebaran Penyakit Akibat Nyamuk, Koramil 02/Pondok Gede Gelar Karya Bakti Bersihkan Lingkungannya

oleh -194 Dilihat
oleh
Komando Distrik Militer (Kodim) 0507/Bekasi melalui Koramil di jajarannya terus melakukan Karya Bakti dalam rangka mengantisipasi terjadinya banjir dan munculnya wabah penyakit serta mengurangi penyakit demam berdarah dengue (DBD). (ist)

PONDOK GEDE, BEKASIPEDIA.com – Komando Distrik Militer (Kodim) 0507/Bekasi melalui Koramil di jajarannya terus melakukan Karya Bakti dalam rangka mengantisipasi terjadinya banjir dan munculnya wabah penyakit serta mengurangi penyakit demam berdarah dengue (DBD).

Kali ini pelaksanaan karya bakti membersihkan lingkungan juga dilakukan oleh Koramil 02/Pondok Gede pimpinan Danramil Mayor Inf Akhmad, bertempat di Lingkungan RW.11 Jln. Cekrok RT 003 RW 011 Kel. Jatirangga Kec. Jatisampurna, Kota Bekasi, Jawa Barat pada Minggu (11/12/2023).

Danramil 02/Pondok Gede Mayor Inf Akhmad mengatakan, karya bakti ini dilakukan serentak dan masif di seluruh Koramil di jajaran Kodim se- Indonesia sesuai arahan pimpinan TNI.

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi banjir saat intensitas hujan yang tinggi.“Jadi, kegiatan kita membantu warga untuk membersihkan lingkungan seperti pasar dan fasilitas umum lainnya, termasuk pembersihan aliran drainase agar tidak tersumbat,” katanya di sela-sela kegiatan Karbak tersebut.

“Saya berharap pembersihan drainase ini dapat mengurangi risiko terjadinya bencana banjir pada masa hujan”, ungkapnya.

Selain faktor banjir, pembersihan drainase juga dilakukan untuk mencegah terjadinya penyakit, karena perairan yang tersumbat dapat menjadi tempat bersarang nyamuk Aedes Aegypti yang membawa virus dengue penyebab penyakit demam berdarah dengue (DBD).

“Aliran drainase yang tersumbat bisa menjadi sarang nyamuk Aedes Aegypti,” ungkapnya.

Karena itu, pembersihan drainase dinilai sangat penting untuk meminimalisir penyebaran penyakit DBD di musim penghujan saat ini.

Melalui karya bakti, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kebersihan. “Semoga kegiatan serupa dapat lebih banyak dilakukan oleh pihak terkait sehingga kita bisa hidup di lingkungan yang sehat dan nyaman”, pungkasnya. (rls/pede)