Anda Suka Warna Hitam? Ingin Menggunakannya untuk Interior Rumah, Ini Tipsnya

oleh -138 views

BEKASIPEDIA.com – Anda penyuka warna hitam? Ingin menggunakan cat hitam untuk interior rumah. Tidak masalah!

Tren penggunaan warna hitam pada interior ruangan masih banyak diminati juga kok. Tak hanya pada furnitur, banyak orang yang berani memulas warna hitam pada dinding.

Penggunaan warna hitam tak hanya memberi kesan berani sang pemilik rumah, namun juga mampu menciptakan nuansa elegan hunian loh.

Meskipun cat hitam bisa digunakan pada semua ukuran ruangan, tetap cat ini dapat membuat ruangan menjadi terlalu gelap atau tidak menarik bila salah diaplikasikan.

Agar sukses mengaplikasikan cat hitam untuk interior rumah, hal pertama yang harus dilakukan adalah mempertimbangkan bagian rumah mana yang akan dicat.

Bila diaplikasikan pada ruangan kecil, satu bagian dinding gelap yang dipadukan dengan tiga dinding berwarna lebih bisa membuat ruangan tampak lebih luas.

Anda juga bisa mengecat langit-langit untuk menciptakan titik fokus di dalam ruangan.

Setelah mengetahui ruangan mana yang ingin Anda cat hitam, penting juga untuk memilih jenis cat yang akan digunakan.

Cat hitam matte memiliki hasil akhir yang bagus. Namun jenis ini tidak tahan lama seperti jenis cat satin.

Ini berarti warna hitam matte tidak cocok digunakan pada area dengan mobilitas tinggi seperti dapur atau kamar anak karena mudah rusak.

Hal yang tidak boleh dilupakan adalah komponen pencahayaan di ruangan yang akan diaplikasikan warna hitam.

Cat berwarna hitam sangat menyerap cahaya. Karena itu, pastikan pasokan cahaya dalam ruangan yang Anda miliki cukup, baik melalui cahaya alami maupun cahaya lampu.

Jika Anda tidak memiliki cukup cahaya di ruangan yang bercat hitam maka ruangan akan terasa lebih sempit dan kaku sehingga tidak nyaman ditempati.

Untuk menyeimbangkan warna di dalam ruangan, sertakan furnitur dengan warna yang lebih cerah. Hal ini bisa membuat ruangan yang terlalu gelap terasa lebih terang dan lapang. Demikian tips yang semoga bermanfaat dilansir dari kompas.com pada Selasa (15/3/2022). (ist/bp)