Kenali Faktor Risiko Stroke Sejak Muda

oleh -567 views
Ilustrasi Stroke.

TANGERANG, bekasipedia.com – Seorang pasien mengalami gejala stroke dengan wajah sebelah kiri yang agak mencong. Ia datang ke rumah sakit di sore hari. Setelah diperiksa, penyebabnya karena ada pembuluh darah otak yang tersumbat.
Dokter rumah sakit yang bertugas diberitahu bahwa gejala tersebut terjadi sejak pagi, yang berarti pasien sudah lebih dari 4,5 jam menderita sejak gejala mulai muncul.

Hal itu sangat disayangkan, sebab periode emas 4,5 jam sudah berlalu. Padahal, pada periode itu gejala stroke masih memungkinkan pasien untuk segera diberi obat.

Bila penyumbatan segera ditangani dan diobati, aliran darah dapat lancar kembali dan proses pemulihan stroke bisa lebih cepat. Kejadian itu sungguh dialami oleh salah satu pasien saraf Siloam Hospitals Lippo Village, Tangerang, seperti yang diterangkan oleh dokter Vivien Puspitasari, Sp.S seperti dilansir Jumat (22/2/2019).

Kerenanya, Vivien menenekankan penting bagi masyarakat untuk bisa menyadari tanda-tanda gejala stroke agar pasien yang bersangkutan bisa segera ke rumah sakit.

Stroke merupakan penyakit kegawatdaruratan seperti penyakit jantung. Angka kejadian stroke di Indonesia bahkan semakin meningkat, termasuk pada orang berusia yang semakin muda di bawah 50 dan 40 tahun.