Pakar Gizi: Wanita Hamil Perlu Makan Beragam Buah

oleh -402 Dilihat
oleh
Pedagang Buah. (ist)

JAKARTA, BEKASIPEDIA.com – Pakar ilmu gizi klinik lulusan Universitas Diponegoro Wita Rizki Amelia SKM, M.Gz.,RD mengingatkan wanita hamil tentang perlunya mereka makan beragam buah dalam sehari seperti pepaya dan pisang, yang bisa menjadi pilihan.

“Dalam sehari perlu konsumsi beberapa buah-buahan. Beberapa kali kita sering melewatkan buah pepaya. Padahal perlu selain untuk pencernaan yang sehat, juga kaya vitamin A, C dan beberapa vitamin B,” ujar dia dalam diskusi daring yang digelar RSCM, Kamis (9/11/2023).

Selain pepaya, buah pisang juga direkomendasikan mengingat sejumlah kandungan nutrisinya antara lain magnesium dan kalium.

Konsumsi sumber kalium semisal pisang disarankan khususnya bagi mereka yang merasa lelah usai bekerja dan beraktivitas di cuaca panas.

“Kalau pisang kaya magnesium, kalium yang kalau ibu-ibu bekerja itu cenderung lelah. Nah ketika lelah, apalagi beraktivitas sekarang di udara panas, banyak konsumsi sumber kalium,” kata dia.

Konsumsi kalium yang cukup juga membantu mencegah terjadinya kram, suatu kondisi yang juga bisa disebabkan karena kekurangan kalsium.

Selain dari pisang, asupan kalsium juga didapatkan dari sumber protein hewani terutama susu sehingga Wita mengingatkan orang-orang termasuk wanita hamil agar jangan sampai melewatkan susu bila tidak ada intoleran laktosa atau diare usai meminum susu.

Dia lalu membahas mengenai buah lain yang bisa dikonsumsi wanita hamil yakni nanas.

Menurut dia, wanita hamil boleh makan nanas asalkan tak berlebihan karena sebagian orang mengaku konsumsi buah ini bisa memicu mual. Kondisi ini, sebenarnya bisa jadi karena asam lambungnya yang tinggi.

Kemudian, selain buah, kecukupan cairan dari air putih juga perlu diperhatikan wanita hamil.

Wita menyarankan wanita hamil ketika bangun tidur minimal minum satu gelas atau setidaknya sampai pukul 09.00 sudah mengonsumsi tiga gelas.

“Lanjut sampai malam setidaknya minum air putih atau modifikasi misalnya ada jus, sebaiknya pilih yang karbohidrat alami semisal dari buah-buahan,” demikian kata dia yang juga menyarankan batas asupan kopi satu gelas saja dan konsumsinya sebaiknya pada siang hari. (ant/rus)