Waketum Hanura: Gibran Masih Juru Kampanye Ganjar-Mahfud

oleh -138 Dilihat
oleh
Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Hanura Benny Rhamdani. (ist)

JAKARTA, BEKASIPEDIA.com – Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Hanura Benny Rhamdani mengatakan bahwa Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka masih sebagai juru kampanye bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden Ganjar Pranowo dan Mahfud Md.

“Tadi Gibrannya tidak hadir (dalam deklarasi calon wakil presiden pendamping Prabowo Subianto) ‘kan,” ucap Benny seperti dilansir dari antaranews.com di Jakarta, Minggu (22/10/2023) malam.

Benny mengatakan bahwa selama Gibran tidak menghadiri deklarasi bakal calon presiden (bacapres) dan bakal calon wakil presiden (bacawapres) bersama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto maka Gibran masih merupakan juru kampanye pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud.

Hanura merupakan salah satu pengusung pasangan Ganjar-Mahfud selain PDI Perjuangan, PPP, dan Partai Perindo.

Sementara itu, Gibran yang baru saja dideklarasikan sebagai bacawapres Koalisi Indonesia Maju (KIM) pendamping bacapres Prabowo merupakan kader PDI Perjuangan.

Benny menuturkan bahwa terpilihnya putra sulung Presiden Jokowi tersebut menunjukkan bahwa jumlah suara pendukung dan elektabilitas Prabowo Subianto kurang baik.

Selain itu, dia menilai keputusan ini menunjukkan bahwa kaderisasi di partai-partai yang tergabung dalam KIM juga tidak baik, terbukti dengan deklarasi yang dilakukan setelah MK mengubah syarat umur capres/cawapres pada hari Senin (16/10/2023).

“Hal ini berarti Gibran punya daya dorong untuk meningkatkan suara pemilih,” ujar Waketum Hanura yang juga merupakan Ketua BP2MI tersebut.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus bacapres Prabowo Subianto mengumumkan Gibran Rakabuming Raka sebagai bacawapres dari Koalisi Indonesia Maju untuk Pilpres 2024.

“Baru saja Koalisi Indonesia Maju telah berembuk secara final dan secara konsensus seluruhnya sepakat mengusung Prabowo Subianto sebagai calon presiden dan saudara Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden dari Koalisi Indonesia Maju,” kata Prabowo di kediamannya di Jakarta Selatan, Minggu malam.

Prabowo menjelaskan bahwa keputusan itu secara aklamasi dan seluruh partai anggota Koalisi Indonesia Maju mencapai konsensus atas keputusan tersebut.

Saat mengumumkan, Prabowo didampingi oleh ketua umum partai anggota Koalisi Indonesia Maju, di antaranya Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, Ketua Umum Gelora Indonesia Anis Matta, dan Ketua Umum PRIMA Agus Jabo Priyono.

Walaupun demikian, Gibran yang dideklarasikan pada malam ini tidak terlihat ada di kediaman Prabowo.

Gibran, yang sejauh ini diketahui masih aktif sebagai kader PDI Perjuangan, diusulkan secara resmi oleh Partai Golkar sebagai bakal cawapres yang mendampingi Prabowo maju Pilpres 2024. (ant/rus)