Mau Tahu Kondisi Kali Bahagia Bekasi? Usai Sebulan Pembersihan Sampah

oleh -153 Dilihat
oleh
Kali Bahagia di Bekasi, Jawa Barat, sempat disoroti karena kondisi yang penuh sampah. Setelah satu bulan pembersihan, begini kondisi kali tersebut. Ya, ada perubahan sedikit lah. (ist)

BABELAN, BEKASIPEDIA.com – Kali Bahagia di Bekasi, Jawa Barat, sempat disoroti karena kondisi yang penuh sampah. Setelah satu bulan pembersihan, begini kondisi kali tersebut. Ya, ada perubahan sedikit lah.

Berdasarkan pantauan di Jembatan Jalan Akses Kali Bahagia, Kelurahan Bahagia, Babelan, Kabupaten Bekasi, Rabu (4/9/2019) siang, tampak Kali Bahagia lebih bersih dari sebelumnya. Hanya terlihat sampah dalam bentuk ukuran kecil tersangkut di tepi kali.

Tidak tercium bau kali yang menyengat. Namun warna air tampak hijau kehitam-hitaman. Terlihat sejumlah pengendara motor lalu-lalang di Jembatan Jalan Akses.

Sebuah poster peringatan di sekitar jembatan dipasang sebagai pengingat untuk menjaga kebersihan. “Stop buang sampah ke kali, kami warga RW 26 ingin hidup sehat,” demikian tulisan pada poster itu.

Sekretaris Lurah Bahagia, Mawardi, mengatakan ada progres yang positif dari hasil pembersihan Kali Bahagia selama kurang-lebih 1 bulan ini.

“Hasilnya alhamdulillah baik dan kedalaman air cuma 40 cm, jadi udah kering sekali airnya. Artinya, sudah ada air genang. Airnya sudah jalan, nggak kayak kemarin airnya sampai (setinggi) 2-3 meter,” ujar Mawardi ketika dihubungi, Rabu (4/9/2019).

Mawardi mengakui pembersihan belum sepenuhnya selesai karena masih terdapat sampah-sampah yang tersangkut. Untuk itu, pihaknya masih akan terus melakukan pembersihan secara rutin.

“Dari sektor 20 masih standby. Kita warga dan kelurahan masih kondisikan, masih ngecek sampah dan pembersihan terus. Kita lakukan seminggu sekali karena mengingat waktu dan tenaga,” ujar Mawardi. (*)