Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo Tinjau Sejumlah Gereja, Perayaan Natal 2023 Berlangsung Aman dan Terkendali

oleh -265 Dilihat
oleh
Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo melakukan peninjauan ke sejumlah gereja di Jakarta, Minggu (24/12/2023), untuk memastikan perayaan Natal 2023 berjalan aman, lancar dan kondusif. (ist)

JAKARTAPEDIA.co.id – Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo melakukan peninjauan ke sejumlah gereja di Jakarta, Minggu (24/12/2023), untuk memastikan perayaan Natal 2023 berjalan aman, lancar dan kondusif.

Tinjauan pertama di Gereja Reformed Millenium Center Indonesia di Kemayoran, Jakarta Pusat, pada pukul 15.00 WIB, kemudian dilanjutkan ke Gereja Katedral, Jakarta Pusat.

Setelah dari Gereja Reformed Millenium Center Indonesia, Kapolri tiba di Gereja Ketedral Jakarta bersama rombongan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhajir Effendi serta perwakilan TNI.

Dalam kunjungan tersebut, Kapolri menyapa umat Nasrani yang akan melaksanakan ibadah Misa Natal dan berharap seluruh jemaat dapat beribadah dengan rasa aman, nyaman dan khitmad.

“Saya mau menyampaikan tentunya kami Polri bersama-sama TN siap untuk melaksanakan pengamanan, di mana pengamanan sebagai bentuk untuk menjaga dan mengawal bahwa kebebasan beribadah, kebebasan untuk memilih keyakinan masing-masing menjadi hak konstitusi yang harus dijaga di NKRI,” kata Sigit dalam sambutannya.

Kapolri juga menyampaikan rasa syukur karena Ibadah Natal tahun ini bisa berjalan dengan aman, tanpa ada pembatasan.

Ia menyebut ada lebih kurang 39.495 gereja di seluruh Indonesia dan sekitar 55.905 kegiatan ibadah Natal yang dilaporkan ke Polri untuk diamankan.

“Walaupun kita melihat ada informasi di beberapa tempat COVID-19 meningkat, tetapi di sisi lain puji Tuhan kita bisa beribadah langsung secara bertatap muka. Ini anugerah untuk kita semua,” kata Sigit.

Jenderal polisi bintang empat itu juga menyampaikan terima kasih kepada organisasi kemasyarakatan yang turut terlibat dalam penjagaan dan pengamanan perayaan Natal tahun ini, seperti ormas NU, Muhammadiyah, dan juga ormas-ormas keagamaan lainnya.

“Ini menunjukkan bahwa toleransi di Indonesia terkait keberagaman yang kita miliki sampai saat ini terus terjaga dengan baik. Ini kekuatan kita untuk jadi satu kekuatan yang disinergikan agar Indonesia bisa mewujudkan cita-cita menjadi negara maju Indonesia Emas 2045,” kata Sigit.

Kedatangan Kapolri, Menko PMK, Wamenag dan Kasum TNI diterima oleh pimpinan Gereja Katedral Jakarta Romo Ignatius Sunaryo.

Ia menyampaikan rasa terima kasih atas penjagaan dan pengamanan yang diberikan aparat TNI, Polri serta ormas keagamaan.

“Kami ucapkan terima kasih yang setulusnya atas kehadiran bapak-bapak, mengayomi masyarakat. Kami sangat menghargai bapak-bapak sekalian. Saya yakin dengan kebersamaan ini menjadi berkat bagi umat, dan untuk kita semua,” kata Romo Igantius. (ant/rus)