Dicabut Izin Operasional, Ribuan Mahasiswa STIE Tribuana Bekasi Bingung, Pihak Kampus “Cuek”

oleh -129 Dilihat
oleh
Mahasiswa Kampus STIE Tribuana Bekasi bingung, izin operasional tempat mereka kuliah telah ditutup oleh pemerintah. (ist)

BEKASI TIMUR, BEKASIPEDIA.com – Ribuan mahasiswa STIE Tribuana, yang berlokasi di Jalan Radio, Kelurahan Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi, Jawa Barat, kebingungan lantaran izin operasional kampusnya dicabut oleh Kemendikbudristek.

Untuk itu, mereka menuntut pihak perguruan tinggi mengeluarkan surat pindah dan kelulusan dari kampus.

Salah satu mahasiswa STIE Tribuana, Budi Herianto mengatakan, permintaan para mahasiswa tentang surat perpindahan itu tidak kunjung dituruti oleh pihak kampus.

Menurutnya, STIE Tribuana kerap mengulur-ulur waktu meski telah didesak oleh mahasiswa.

“Kami mahasiswa STIE Tribuana Kota Bekasi ingin menanyakan perihal nasib kita karena yang kita tahu kampus kita itu ditutup sejak 3 Mei 2023 laku. SK-nya pun sudah dikeluarkan oleh Dikti,” kata Budi, yang dilansir Selasa (6/6/2023).

“Jadi kita mau minta surat pindah untuk pindah ke kampus lain. Tetapi pihak kampus selalu menunda-nunda dan mempersulit para mahasiswanya,” lanjutnya kesal.

Mahasiswa tingkat akhir itu mengaku kecewa dengan STIE Tribuana. Sebab syarat surat perpindahan akan diberikan tetapi syaratnya memberatkan mahasiswa.

“Alasannya yang KIP harus menunjukkan surat pengunduran diri dan yang beasiswa harus mengembalikan biaya ke yayasan sebesar Rp 3 juta per semester,” tambah dia.

Sementara itu, Ketua STIE Tribuana, Edison Hamid enggan dimintai keterangannya untuk konfirmasi hal tersebut.

Dia hanya berjalan cepat saat ditanya oleh sejumlah awak media. “No comment,” singkat Edison menghindar.

Sebelumnya, Kemendikbudristek telah mencabut izin operasional 23 perguruan tinggi swasta, sebanyak 5 kampus di antaranya di wilayah Jawa Barat. Beberapa di antaranya tidak memenuhi ketentuan standar pendidikan tinggi, melaksanakan pembelajaran fiktif, dan melakukan praktik jual-beli ijazah.

Data dari https://pddikti.kemdikbud.go.id, STIE Tribuana perguruan tinggi yang berdiri sejak 2 Agustus 2001 kini berstatus tutup. (bst/jek)

[embedyt] https://www.youtube.com/watch?v=Ft4JGbpZfdY[/embedyt]