Damkar Kota Bekasi Catat 124 Kebakaran Terjadi Selama Pertengahan 2022

oleh -43 views
Kebakaran Ilustrasi. (ist)

BEKASI BARAT, BEKASIPEDIA.com – Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Bekasi mencatat ada 124 musibah kebakaran yang terjadi sepanjang tahun 2022.

Kepala Seksi Komunikasi dan Investigasi Damkar Kota Bekasi, Hari Kurnianto mengungkapkan, mayoritas musibah kebakaran tersebut terjadi akibat korsleting atau hubungan arus pendek listrik.

“Kalau kejadian kebakaran, yang berdasarkan kami lihat dari tinjauan lokasi, salah satu penyebab kebakaran tertinggi itu adalah korsleting listrik,” ucap Hari, seperti dilansir Jumat (5/8/2022).

Menurut Hari, penggunaan daya listrik yang melebihi kapasitas pada akhirnya dapat menyebabkan korsleting.

Selain penggunaan daya listrik yang melebihi kapasitas, kelalaian penggunaan alat elektronik menjadi salah satu faktor terbesar lainnya yang menyebabkan terjadinya korsleting.

“Masyarakat sekarang ini awam dengan penggunaan komponen listrik dari segi kualitas dan materialnya,” terang dia.

Hari mengungkapkan bahwa angka ini masih bersifat sementara dan kemungkinan akan bertambah hingga akhir tahun 2022.

Untuk itu, ia pun mengimbau kepada masyarakat untuk memperhatikan berbagai barang elektronik yang tersambung dengan aliran listrik.

“Masyarakat lebih perhatikan lagi dalam hal penggunaan alat elektronik, terutama ketika meninggalkan rumah. Tolong, diperhatikan lagi charger telepon genggam, laptop, dan sejenisnya yang tidak terpakai, agar tidak terpasang aliran listrik terus,” himbau Hari. (ist/pede)


“Dibuka Kesempatan Untuk Bergabung Menjadi Marketing Iklan di BEKASIPEDIA Group, Hubungi WA ke 081510868686”