Buka Giat Binsiap Apwil 2024, Dandim 0507/Bekasi : Dorong Warga Untuk Produktifkan Lahan Terbatas Menjadi Ladang Ketahanan Pangan

oleh -191 Dilihat
oleh
Dandim 0507/Bekasi Kolonel Arm Rico Ricardo Sirait, B S., M.MDS.

BEKASI SELATAN, BEKASIPEDIA.com – Kodim 0507/Bekasi menggelar kegiatan Pembinaan Kesiapan Aparat Kewilayahan (Binsiap Apwil) dan Kemampuan Teritorial (Puanter) tahun 2024.

Kegiatan tersebut dilaksanakan guna meningkatkan kesiapan prajurit dalam pelaksanaan pembinaan dan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat.

Kegiatan Binsiap Apwil 2024 kali ini bertemakan “Aparat teritorial bersama rakyat siap mewujudkan Indonesia yang hebat, maju dan sejahtera” dibuka langsung oleh Dandim 0507/Bekasi Kolonel Arm Rico Ricardo Sirait, B S., M.MDS, di Aula Makodim 0507/Bekasi, Jl. Veteran no 60, Margajaya, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Kamis (6/6/2024).

Dandim 0507/Bekasi Kolonel Arm Rico Ricardo Sirait, B S., M.MDS, dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan kemampuan kerja, baik manajemen teritorial maupun pembinaan di wilayah.

“Jadikan kegiatan ini, sebagai barometer selaku aparat ke wilayahan guna menunjang tugas pokok Kodim dengan tujuan sebagai bekal tugas pemberdayaan wilayah pertahanan darat melalui kegiatan metode Binter di lapangan, sekaligus meningkatkan kualitas dan produktifitas kerja,” ungkapnya.

Kegiatan ini, kata Kolonel Arm Rico, juga merupakan bagian yang sangat penting bagi kesiapan seluruh aparat kewilayahan dalam menjalankan fungsi pembinaan teritorial sekaligus sebagai fungsi utama di TNI AD.

“Ada beberapa penekanan bagi para peserta untuk dijadikan pedoman dalam bertugas, diantaranya memelihara kesiapan sebagai aparat wilayah, mantapkan kemampuan teritorial serta meningkatkan kemampuan pemberian laporan kepada Komando atas agar dapat ditindak lanjuti,” kata Kolonel Arm Rico Ricardo Sirait.

Selain itu, Dandim juga menyampaikan kepada seluruh Babinsa di jajarannya untuk bisa mengajak, serta mendorong warga di wilayah binaannya agar memproduktifkan lahan terbatas dengan sistem urban farming sebagai upaya peningkatan ketahanan pangan.

“Sesuai dengan program urban farming yang di inisiasi Bapak Pangdam Jaya, di harapkan seluruh Babinsa terus aktif mengajak serta mendorong Warga Untuk Produktifkan Lahan Terbatas Menjadi Ladang Ketahanan Pangan,” tutupnya.

Untuk melengkapi pembekalan pengetahuan dan keterampilan, kegiatan tersebut juga di isi oleh para Narasumber dengan pemberian Materi UU ITE dan pengetahuan kemampuan teritorial lainnya. (rls/bepe)