Bersuka Cita Bersama Pesta Bona Taon Punguan Parsahutaon Saoloan Sektor 3 Kampung Crewet Duren Jaya Bekasi Timur Berlangsung Meriah & Khidmat

oleh -294 Dilihat
oleh
Pesta Bona Taon Parsahutaon Saoloan Sektor 3, Kampung Crewed Duren Jaya Bekasi Timur, Kota Bekasi. (ist)

BEKASI TIMUR, BEKASIPEDIA.com – Acara syukuran komunitas suku Batak yang biasa disebut acara Pesta Bona Taon, artinya pelaksanaan doa bersama pada awal tahun oleh para kumpulan Parsahutaon serta marga itu dan biasanya dilakukan pada Januari, Februari ataupun Maret setiap awal tahunnya. Pesta Bona Taon ini biasa digelar berdasarkan marga atau komunitas Batak yang berada di perantauan.

Apapun yang hendak dilakukan di tahun yang baru ini tidak akan berhasil jika tidak disertai dan diberkati oleh Tuhan. Oleh sebab itu acara Bona Taon bagi komunitas suku Batak memiliki makna spiritual yang sangat dalam, sebagai suatu penyegaran iman bersama.

Melalui acara pesta Bona Taon Parsahutaon Saoloan Sektor 3, Kampung Crewed Duren Jaya Bekasi Timur, Kota Bekasi, komunitas suku Batak di perantauan merasa menemukan dirinya dan tidak sendirian namun memiliki keluarga dan saudara serta menguatkan di tengah kenyataan kehidupan yang serba serbi ini.

Disela acara pesta ini, Ketua Panitia pesta Bona Taon, N.Sirait didampingi Sekretaris punguan Parsahutaon Saoloan F. Situmorang, dan Humas punguan T. Dolok Saribu saat bincang pada awak media mengatakan, acara pesta bona taon yang kita laksanakan ini adalah sebagai wujud untuk mempererat silahturahmi anggota punguan Parsahutaon Saoloan yang ada di Kampung Crewed Duren Jaya agar semakin kompak saling gotong royong dan bersukacita bersama.

Dan acara pesta Bona Taon yang diadakan pada hari Minggu 25 Februari 2024, tempat gedung GPM Ball Room, Jln. Mekar Sari. No.5. Rt 01/08. Bekasi Timur, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Sementara itu, Ketua Punguan Parsahutaon Saoloan Binsar Jabang Setra Sihombing di dampingi Penasehat Punguan E.Sirait dan P. Simamora, mengatakan dalam himbauannya, mengajak seluruh anggota punguan supaya lebih aktif lagi untuk mengikuti setiap kegiatan punguan ini, baik duka maupun suka.

“Tatkala rasa syukuran ini bisa terselenggara akibat kuat kuasa Tuhan selalu menyertai. Acara pesta bonataon kita ini diadakan sederhana dan bersahaja, dan ini bukan karena kekuatan atau kehebatan pengurus, tetapi ini semua atas kerjasama anggota punguan yang kompak. Dan kiranya kekompakan itu jangan hanya sampai disini saja, dan mari kita lebih tingkatkan lagi kekompakan ini kedepan nya,” gumam Binsar JS Sihombing.

Di acara Pesta Bona Taon tersebut, hadir juga dari beberapa perwakilan lintas agama, untuk meningkatkan tali persaudaraan dalam keselarasan, seperti kata mutiara ” *BHINNEKA TUNGGAL IKA* “. (rls/pede)