Pj. Wali Kota Bekasi: “Bersama Tentukan Arah Bangsa dan Negara 5 Tahun ke Depan”

oleh -9733 Dilihat
oleh

BEKASI TIMUR, BEKASIPEDIA.com – Untuk menyambut masa Pemilihan Umum dan Pemilihan Kepala Daerah (Pemilukada) Tahun 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi menggelar Kirab Pemilu yang diikuti oleh seluruh unsur Partai Politik beserta seluruh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) se- Kota Bekasi yang terpusat di Alun-Alun M. Hasibuan, Kota Bekasi, Jawa Barat pada Minggu (19/11/2023)

Kirab Pemilu dihadiri langsung oleh Pj. Wali Kota Bekasi Raden Gani Muhamad, Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Pol. Dani Hamdani, Dandim 0507/Bekasi Kolonel Arm. Rico Ricardo Sirait, Ketua KPU Provinsi Jawa Barat Ummi Wahyuni, Ketua KPU Kota Bekasi Ali Ridho Syifa, beserta jajaran Esselon II, III Pemerintah Kota Bekasi Camat dan juga Lurah.

Adapun tujuan dari pelaksanaan Kirab Pemilu hari ini adalah untuk mensosialisasikan sekaligus mengajak kepada khalayak luas untuk bersama ciptakan pelaksanaan Pemilu 2024 sesuai prinsip-prinsipnya, yakni mandiri, jujur, adil, berkepastian hukum, tertib, terbuka, proporsional, professional, akuntabel, efektif, dan efisien.

Dalam sambutannya Pj. Wali Kota Bekasi Raden Gani Muhamad menyambut baik hadirnya Kirab Pemilu.

Menurutnya, Kirab Pemilu ini berperan besar dalam menyebarluaskan pesan damai dan hakikat tujuan Pemilu 2024 serta diharapkan dapat menarik para pemilih untuk menggunakan hak pilihnya.

“Melalui Kirab Pemilu, diharapkan dapat mengajak semua unsur untuk dapat mewujudkan semua indikator keberhasilan Pemilu, yakni partisipasi pemilih yang tinggi, tidak ada konflik yang merusak persatuan, serta pemerintahan dan pelayanan masyarakat berjalan tanpa gangguan,” tegas Gani Muhamad.

Gani Muhamad juga berpesan kepada seluruh peseta kirab yang hadir bahwa, “mari bersama tanamkan, Kirab Pemilu hari ini bukan sekedar seremonial, namun lebih dari itu, Kirab Pemilu digelar untuk membentuk sebuah kesadaran bahwa Pemilu 2024 adalah hajat bersama sebagai sarana bagi rakyat untuk memilih, serta berpartisipasi sebagai bagian penting untuk menentukan arah Bangsa dan Negara untuk 5 tahun ke depan, maka dari itu jalankan dengan baik, gunakan hak pilih dengan bijak, dan tetap menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan,” imbuhnya.

Sebagai informasi tambahan, Provinsi Jawa Barat adalah Provinsi dengan pemilih terbanyak seperti yang diungkap Ketua KPU Provinsi Jawa Barat Ummi Wahyuni, maka dari itu, Ia pun mengajak untuk ciptakan Pesta Demokrasi yang gembira dan aman.

“Provinsi Jawa Barat memiliki jumlah pemilih terbanyak, yakni sebanyak 35 juta lebih pemilih, sehingga dalam kesempatan Kirab Pemilu di Kota Bekasi hari ini, saya mengajak kepada seluruh unsur untuk wujudkan Pemilu 2024 sebagai Pesta Demokrasi dimana semua berbahagia dan bersama bergotong royong mengawal Pemilu yang aman dan damai tanpa ada perpecahan,” ungkap Ummi Wahyuni.

Kirab Pemilu dirangkaikan dengan Penandatanganan Deklarasi Pemilu Sebagai Sarana Integrasi Bangsa oleh Pj. Wali Kota Bekasi bersama unsur Forkopimda serta seluruh unsur Partai Politik di Kota Bekasi yang berisikan:

1. Mewujudkan Pemilu Tahun 2024 sebagai Sarana Integrasi Bangsa;

2. Melaksanakan Pemilu Tahun 2024 secara Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur dan Adil;

3. Melaksanakan Pemilu Tahun 2024 yang berintegritas dan bertanggungjawab terhadap proses dan hasil; dan

4. Mewujudkan Pemilu Tahun 2024 untuk memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Terakhir, acara ditutup dengan Pelepasan Peserta Kirab langsung oleh Pj. Wali Kota Bekasi Gani Muhamad untuk bersama-sama berangkat ke berbagai titik menggunakan armada dan membawa Bendera Partai Politik masing-masing untuk menuntaskan hakikat maksud dan tujuan dari pelaksanaan Kirab Pemilu ini. (rls/pede)