Berikut Tips Atasi Rangka Sepeda Motor yang Berkarat

oleh -1031 Dilihat
oleh

BEKASIPEDIA.com – Belakangan ini ramai diperbincangkan mengenai rangka sepeda motor yang mengalami karatan meski usia kendaraan baru beberapa tahun, bahkan mungkin belum lama dibelinya dari diler.

Ada beberapa cara untuk mengatasi masalah rangka berkarat tersebut. Pertama, jika rangka sepeda motor berkarat bahkan patah dalam penggunaan yang wajar atau bukan karena usianya yang sudah tua, Anda bisa menghubungi layanan pelanggan pabrikan kendaraan dimaksud untuk perbaikan atau penggantian.

Namun, jika Anda tidak memiliki akses atau memang berada di luar sistem penjaminan dari pabrikan, Promotion Manager Autochem Industry Dhany Ekasaputra memberikan tips mengenai bagaimana mengatasi rangka sepeda motor berkarat ini.

Menurut Dhany, terjadinya karat rangka itu disebabkan bertemunya jenis logam dengan udara yang memiliki kandungan air atau yang bisa disebut dengan udara lembab.

“Jikalau logam sudah berkarat, tentu titik karat tersebut harus dihilangkan terlebih dahulu dengan cara mengikisnya dengan cara diampelas atau mengganti dengan pelat baru jika memang diperlukan,” kata Dhany Ekasaputra seperti dilansir dari antaranews.com pada Senin (4/9/2023).

Setelah karat dibersihkan, kata Dhany, selanjutnya diperlukan adanya tindakan untuk melapisi bagian yang berkarat itu dengan minyak atau cat untuk mencegah agar tidak menyebar ke area lain yang tidak diinginkan.

Meski begitu, pelapisan dengan menggunakan minyak tidak begitu bertahan lama.

Lapisan minyak akan cepat menghilang jika terkena air dalam jangka waktu tertentu dan tidak menutup kemungkinan lapisan dengan minyak ini juga akan memuai terkena panas.

“Kalau cat, akan lebih tahan lama meski ketebalan cat menjadi tolak ukur seberapa kuat perlindungan logam terhadap karat,” jelas dia.

Setelah itu, pemilik kendaraan yang memiliki permasalahan ini juga dianjurkan untuk menyemprot rangka kendaraannya dengan cairan anti karat yang dapat melindungi rangka tersebut dari karat yang menyebabkan keropos.

Beberapa waktu lalu ramai diperbincangkan di media massa dan media sosial mengenai rangka sepeda motor Honda yang dikeluhkan berkarat, bahkan sebagian mengeluhkan patah.

Mereka mengeluhkan rangka eSAF pada sepeda motor Honda. Rangka eSAF diperkenalkan pertama kali melalui Honda Genio pada 2019.

Rangka baru eSAF diklaim didesain khusus untuk menghasilkan kualitas rangka terbaik dengan bobot yang jauh lebih ringan agar dapat memberikan kemudahan bermanuver di jalan.

Rangka eSAF pada Honda Genio, menurut Astra Honda Motor, dibuat melalui proses produksi mutakhir, seperti laser welding.

Strukturnya juga dikembangkan guna meningkatkan stabilitas handling, sehingga sepeda motor mudah dikendarai, ringan, dan nyaman saat bermanuver. (ant/jek)