Hari Ini, Vaksinasi Massal Pfizer di 12 Kecamatan Kota Bekasi

oleh -

BEKASI SELATAN, BEKASIPEDIA.com – Dinas Kesehatan Kota Bekasi, mengumumkan, lokasi vaksinasi berada di 280 titik di setiap kelurahan. Masing-masing kelurahan akan menyediakan 5 titik lokasi vaksinasi. Jadwal vaksinasi ini 27-28 Agustus 2021.

Kuota vaksinasi corona Bekasi kali ini mencapai 362.700 dosis. Dalam proses vaksinasi ini, Lurah dan Kepala Puskesmas diminta untuk segera menyiapkan:

1.Vaksinator minimal 4 orang ditiap titik di wilayahnya,

2. Petugas skrening minimal 5 orang,

3. Petugas PCare sebanyak 3 orang dengan dilengkapi petugas keamanan,

4. 2 orang pendataan.

Pemkot Bekasi menargetkan selesai dalam 2 hari dengan dosis Pfizer yang dilakukan bersamaan dengan pelaksanaan vaksin bagi siswa usia 12 – 17 Tahun.

Berikut 12 Kecamatan di Kota Bekasi:

1. Kecamatan Bantar Gebang

Bantar Gebang

Ciketing Udik

Cikiwul

Sumurbatu

2. Kecamatan Bekasi Barat

Kelurahan

Bintara

Bintarajaya

Jakasampurna

Kotabaru

Kranji

3. Kecamatan Bekasi Selatan

Jakamulya

Jakasetia

Kayuringinjaya

Margajaya

Pekayonjaya

4. Kecamatan Bekasi Timur

Arenjaya

Bekasijaya

Durenjaya

Margahayu

5. Kecamatan Bekasi Utara

Harapanbaru

Harapanjaya

Kaliabang Tengah

Margamulya

Perwira

Teluk Pucung

6. Kecamatan Jatiasih

Jatiasih

Jatikramat

Jatiluhur

Jatimekar

Jatirasa

Jatisari

7. Kecamatan Jatisampurna

Jatikarya

Jatiraden

Jatirangga

Jatiranggon

Jatisampurna

8. Kecamatan Medan Satria

Harapanmulya

Kalibaru

Medan Satria

Pejuang

9. Kecamatan Mustikajaya

Cimuning

Mustikajaya

Mustikasari

Padurenan

10. Kecamatan Pondok Gede

Jatibening

Jatibening Baru

Jaticempaka

Jatimakmur

Jatiwaringin

11. Kecamatan Pondok Melati

Jatimelati

Jatimurni

Jatirahayu

Jatiwarna

12. Kecamatan Rawalumbu

Bojong Menteng

Bojong Rawalumbu

Pengasinan

Sepanjangjaya

Vaksinasi Pfizer di PMI Kota Bekasi

Dalam rangka membantu program Pemerintah dalam mencegah terjadinya penularan dan keparahan gejala COVID-19, PMI Kota Bekasi bersama dengan lembaga terkait berinisiasi mengadakan “Vaksinasi Massal” untuk 3.500 Peserta.

Jadwal vaksinasi pada 28 Agustus 2021 pukul 07.00 – 14.00 WIB di PMI Kota Bekasi Jl. Pramuka No.1, RT.006/RW.006, Marga Jaya, Kec. Bekasi Selatan.

Mal Gelar Vaksin Pfizer

Minat masyarakat untuk mendapatkan vaksin Covid-19 merek Pfizer tinggi. Animo masyarakat terhadap vaksin yang berasal dari negara Amerika ini membuat panjangnya antrean masyarakat yang ingin disuntik vaksin Pfizer di Mega Bekasi Hyper Mal di Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi , Jumat (27/8/2021) kemarin.

Tingginya animo masyarakat sempat menimbulkan antrean. Sejumlah warga pun harus kecewa karena kuota vaksin Pfizer sudah penuh. Alhasil, kuota 1500 dosis yang disiapkan langsung ludes dalam waktu dua jam.

Salah satu warga rela mengantre sejak pukul 06.30 WIB untuk mendapatkan vaksinasi yang diadakan selama dua hari ini.

”Padahal sudah datang sejak pagi buta, dan mengantre panjang tapi tidak malah tidak kebagian, kata petugasnya sudah habis,” kata Andi Mardani (25) warga Kecamatan Bekasi Barat.

Senada dengan Andi, warga lainnya bernama Deny (30) mengaku terlambat datang dan hasilnya tidak mendapatkan vaksin ini. Padahal, dia sudah menunggu untuk mendapatkan vaksin ini.

”Tadi sempat ramai soalnya yang sudah antre lama tidak mendapatkan kuota untuk di vaksin, banyak warga yang kecewa,” kata warga Bekasi Utara ini.

Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi mengatakan, vaksinasi masal ini akan mulai dilakukan selama dua hari yakni Jumat dan Sabtu khusus pelajar SMA dan umum.

Menurut dia, 280 titik tersebut tersebar di 56 kelurahan se-Kota Bekasi, sehingga dalam lingkup 1 kelurahan terdapat setidaknya 5 lokasi sentra vaksinasi.

”Kita punya 56 kelurahan, 1 kelurahan sama dengan 5 titik, tadi punya 280 titik total. Nanti serentak tanggal 27 dan 28 Agustus,” katanya.

Untuk itu, semua masyarakat yang memiliki KTP lokasi mana pun dipersilahkan mendaftarkan diri dengan langsung mendatangi sentra vaksinasi dan tidak perlu mendaftar secara online.

Rahmat menjelaskan, selain untuk pelajar, masyarakat umum juga diperbolehkan mengikuti vaksinasi masal ini.

Masing-masing Kelurahan diimbau untuk menyediakan setidaknya sebanyak 5 titik lokasi sentra vaksinasi dan vaksinasi dilakukan di ruang terbuka untuk menghindari penularan COVID-19 dengan mematuhi protokol kesehatan. (ist/jek)