Danramil 05/Bantargebang Bersama Babinsa Monitoring Lokasi Kebakaran TPST Bantargebang

oleh -589 Dilihat
oleh

BANTARGEBANG, BEKASIPEDIA.com – Cuaca panas di masa kemarau saat ini, sangat rentan terjadi kabakaran, hal tersebut juga mengakibatkan lahan TPST (Tempat Pembuangan Sampah Terpadu) milik DKI Jakarta Zona 2 sore kemarin terbakar, pada Minggu (29/10/2023).

Awal mula kejadian, sekiranya Pukul 13.40 WIB Minggu (29/10/2023), kelihatan asap dan api yang menyala dari Zona 2 dan menyambar ke Zona 1, terlihat api cepat membesar dan membakar sampah plastik dan rumput atau daun kering yang ada di tumpukan sampah, diketahui oleh warga pemulung yang sedang melintas di lokasi tersebut.

Selanjutnya saksi melaporkan kepihak kordinator pengurus TPST yang diteruskan ke pihak Koramil 05/Bantargebang dan Polsek Bantargebang.

Atas kejadian tersebut, Danramil 05/Bantargebang Mayor Inf Suranto bersama Babinsa di wilayah Kelurahan Ciketing Udik langsung melakukan pengecekan lokasi pembuangan sampah yang diduga terbakar.

“Kemarin kami bersama Babinsa menerima laporan dari pengurus TPST (Tempat Pembuangan Sampah Terpadu) milik DKI Jakarta Zona 2, bahwa lokasi tersebut terjadi kebakaran,” ucap Mayor Inf Suranto pada Senin (30/10/2023).

Lanjut Danramil, setelah menerima laporan, pihaknya bersama Babinsa langsung menuju lokasi untuk melakukan pengecekan dan pengawasan serta pengamanan lokasi agar tidak ada warga pemulung yang mendekat kedaerah tersebut.

Untuk kejadian tersebut, Babinsa turut berkordinasi dengan pihak Polsek Bantargebang, yang selanjutnya menghubungi pihak Pemadam kebakaran Kota Bekasi.

“Alhamdulillah, untuk pemadaman diawali sekitar pukul 15.20 WIB kemarin sore, oleh 14 unit mobil pemadam kebakaran pimpinan Bapak Noviyanto Tanjung dan Heri Buhhori dengan kurang lebih 100 orang personil gabungan dari Damkar Bekasi, DKI dan Internal TPA Bantargebang. Untuk kejadian tersebut, tidak ada kerugian materi dan tidak ada korban jiwa namun lahan yang terbakar lebih kurang 1000 meter persegi,” jelas Mayor Suranto.

“Dan Pukul 17.15 WIB, api dapat dipadamkan oleh petugas pemadam kebakaran dari Pemda Bekasi dan DKI Jakarta yang dibantu pengurukan dengan menggunakan alat berat/beko untuk pendinginan dan penimbunan lahan yang terbakar”, tutup Danramil. (rls/pd)