Waspadai Hal Ini yang Berisiko Bikin Anak Jadi Obesitas

oleh -107 views
Obesitas Ilustrasi. (ist)

BEKASIPEDIA.com – Sudah tidak hal yang baru soal kegemukan atau obesitas merupakan salah satu ancaman kesehatan yang nyata. Kondisi ini tidak hanya mengancam orang dewasa saja namun juga pada anak-anak bahkan pada usia sangat dini. Nah loh!

Seorang penderita obesitas sangat mudah sekali mengalami masalah kesehatan lain seperti kecemasan atau depresi dibanding pada anak lain yang tak mengalami obesitas. Selain itu, potensi penyakit seperti diabetes, tekanan darah tinggi, dan asma juga meningkat ketika seorang anak mengalami obesitas.

Tentunya masalah ini akan muncul biasanya dipicu karena gaya hidup tak tepat berupa pola makan, kurang olahraga, atau juga faktor genetik. Oleh karena itu, BEKASIPEDIA.com mencoba merangkum hal-hal yang umum jadi penyebab obesitas pada anak-anak.

Porsi Makan
Berdasar WHO, Orangtua wajib membatasi porsi makan anak. Sehingga dapat membantu menurunkan risiko obesitas. Hal ini terjadi karena seseorang biasanya cenderung makan lebih banyak dari kebutuhan ketika porsi makan yang disajikan cukup besar. Apalagi saat masih anak-anak, orangtua cenderung menyuruh anaknya makan sebanyak-banyaknya karena usia masih dalam pertumbuhan.

Konsumsi Makanan yang Tak Tepat
Konsumsi makanan dan minuman manis serta olahan seperti jus buah kemasan, susu cokelat, saus, roti, keju, dan sebagainya dapat menjadi penyebab obesitas pada anak. Berbagai makanan dan minuman tersebut mengandung sangat banyak kalori tanpa nilai nutrisi sama sekali sehingga sebaiknya dihindari.

Kekurangan Lemak Sehat
Mengonsumsi makanan dengan kandungan lemak sehat bisa menurunkan risiko seseorang mengalami obesitas. Hal ini terjadi karena makanan seperti avokad, yogurt, minyak kelapa, dan sebagainya merupakan makanan kompleks yang memiliki kandungan nutrisi penting bagi tubuh.

Nah, mulai hari ini orangtua harus mengawasi hal tersebut di atas agar buah hatinya bisa terhindar dari obesitas. (rus)

“Nyok Pasang Iklan Advertorial di BEKASIPEDIA.com Hanya Rp 150.000 Bonus Video di Youtube Channel BEKASIPEDIA TV. Promo Ini Berlaku Hingga Februari 2021, Hubungi WA ke 0815-1086-8686”