Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi Hadiri Peresmian Pusdiklat Majelis Agama Buddha

oleh -72 views
Persemian Pusdiklat Majelis Agama Buddha (Magabutri) yang bertempat di Jl. Kenari, Kelurahan Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi, Jawa Barat pada Sabtu, (30/10/2021) yang dilakukan Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi. (ist)

BEKASI TIMUR, BEKASIPEDIA.com – Persemian Pusdiklat Majelis Agama Buddha (Magabutri) yang bertempat di Jl. Kenari, Kelurahan Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi, Jawa Barat pada Sabtu, (30/10/2021) dihadiri oleh Direktorat Jendral Bimas Buddha Kementerian Agama RI, Caliadi dan juga Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi yang didampingi Ketua FKUB Kota Bekasi, Abdul Manan, Camat Bekasi Timur, Fitri Widyati, Lurah Margahayu, Siti Sopiah.

Acara persemian tersebut dihadiri juga oleh Ketua Pancaran Tri Dharma, Pembimas Buddha Jawa Barat, Bodhi Giri Ratana dan Ketua umum Majelis Agama Buddha Tridharma Indonesia, Romo Pandita Madya Rudy Arijanto

Dirjen Bimas Buddha, Caliadi mengatakan, “sebagaimana kita ketahui bersama bahwa pusdiklat merupakan tempat pelatihan dan pendidikan umat Buddha Tridharma untuk meningkatkan kualitas keyakinan (Saddha) terhadap ajaran Buddha,” katanya.

Tempat pusdiklat ini, sabungnya, akan dijadikan tempat pembinaan umat secara berkelanjutan yang diharapkan dapat membentuk pribadi umat yang berkeyakinan kuat dan memiliki moralitas yang baik, juga akan dipergunakan untuk penyelenggaraan pendidikan keagamaan Buddha Non Forrmal seperti Dhammasekka non Buddhasiswa.

“Dalam peningkatan Saddha, pusdiklat ini juga akan digunakan sebagai tempat pengembangan seni dan budaya Buddhis, sebagai bentuk relasi agama dan budaya dalam berkarakter yang bisa menumbuhkan motivasi cinta tanah air,” ujar Caliadi.

Dalam amanatnya, Wali Kota Bekasi sebelumnya mengucapkan salam harmonisasi kepada seluruh pengunjung yang hadir karena Kota Bekasi merupakan kota dengan ragam kebudayaan dan ragam agama sehingga menjadi Kota Toleransi bagi semua warga Kota Bekasi.

“Namo Buddaye, Kota Bekasi adalah kita multietnik yang di jumlah dengan warganya sangat memiliki kultur yang berbeda, sehingga kita mendapatkan penghargaan beberapa kali mengenai Kota Toleransi dan itu berkat kerjasama dari semua pihak,” ujar Wali Kota.

Sebelumnya, Wali Kota Bekasi juga meresmikan tempat dari umat Hindu yang berada di Kelurahan Jakasampurna, serta meresmikan pembangunan Masjid di area Pekayon, Bekasi Selatan.

Dan pada hari ini Sabtu (30/10/2021) diundang untuk meresmikan Pusdiklat milik agama Buddha yang merupakan kota yang sangat harmonis dan menjamin warganya ketenangan dalam menjalankan ibadah. (rls/pede)