Wali Kota Bekasi Izinkan Rumah Ibadah Dibuka Pekan Depan

oleh -358 views
Ilustrasi Rumah Ibadah. (ist)

BEKASI SELATAN, BEKASIPEDIA.com – Wali Kota Bekasi Rachmat Effendi mempersilakan rumah ibadah di wilayah yang masuk zona hijau dibuka kembali mulai pekan depan. Saat ini 50 dari 56 kelurahan di Kota Bekasi berada di zona hijau Covid-19. Sementara, 6 kelurahan lainnya diakuinya masih berada di zona merah.

“Insya Allah, minggu depan sudah bisa lakukan ibadah dengan daerah yang dinyatakan (zona) hijau. Yang (zona) merah masih ada,” ujar Rachmat Effendi seperti ditukil Kamis (28/5/2020).

Pertimbangan lain, RO atau Indeks Penularan Covid-19 di Kota Bekasi sudah berhasil ditekan hingga di bawah 1. Hal itu menunjukkan bahwa penularan virus corona di Kota Bekasi sudah menurun dan terkendali.

“Karena dari Maret kita sudah melakukan siaga darurat bencana dan 3 kali melakukan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), pada PSBB sekarang ini, apa yang disampaikan Pak Presiden adalah ‘new normal’, tatanan kehidupan baru,” jelas Pepen, sapaan akrabnya.

Sebelumnya, di masa Pandemi pemerintah meminta masyarakat beribadah dari rumah demi mencegah penyebaran virus corona semakin meluas. Sejak saat itulah, ibadah di masjid, gereja, dan rumah ibadah lainnya ditiadakan.

Bahkan, ibadah salat Jumat berjemaah di masjid pun ditiadakan selama masa pandemi corona. Begitu pula dengan ibadah salat Idulfitri 1441 H di masjid dan lapangan.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memuji kurva penyebaran virus corona di Kota Bekasi, Jawa Barat yang saat ini sudah terkendali. Dia menyebut indeks penularan (R0) virus corona di Kota Bekasi sudah di bawah 1.

“Angka-angka, fakta di lapangan, angka-angka bagaimana kurva R0-nya seperti di Bekasi sudah di bawah 1, sudah bagus,” kata Jokowi, Selasa lalu.

Dia pun meminta agar Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Walikota Bekasi Rachmat Effendy terus menekan angka penyebaran virus corona di wilayahnya. Dengan begitu, maka dapat bersiap menghadapi new normal.

Untuk menghadapi new normal atau tatanan kehidupan baru, Jokowi telah mengerahkan TNI-Polri untuk mengawasi masyarakat agar disiplin mengikuti protokol kesehatan Covid-19. TNI-Polri diturunkan di setiap titik-titik keramaian di 4 provinsi dan 25 kabupaten/kota. (rus)

“Dicari Wartawan Freelance di Kabupaten Bekasi dan Kota Bekasi, Anda Berminat Hubungi WA: 081510868686”