Upaya Tekan Resiko Banjir, Warga Gelar Gerebek Kali Bekasi

oleh -114 views
Sampah seluas lapangan sepak bola di Caman, Bekasi Barat, Kota Bekasi, dekat JORR Kalimalang 1 mulai dibersihkan petugas. Petugas membersihkan sampah dengan cara manual tanpa alat berat. (ist)

BEKASI TIMUR, BEKASIPEDIA.com – Ribuan karung yang berisi sampah diangkut dari tanggul polder dan sungai oleh warga Pondok Hijau Permai, Pengasinan, Rawalumbu, Kota Bekasi, Jawa Barat pada Sabtu, (27/2/2021) kemarin. Pondok Hijau Permai merupakan salah satu wilayah langganan banjir saat musim hujan.

Aksi angkut sampah ini masuk dalam rangkaian program Gerebek Kali Bersih yang dilakukan warga setempat. Setidaknya, ratusan warga dari sejumlah rukun warga (RW) turun ke sekitar polder dan Kali Pengasinan untuk mengangkut berbagai jenis sampah yang diakibatkan banjir beberapa hari lalu.

Jajaran pejabat di Kota Bekasi hadir dalam acara ini seperti Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto Tjahyono, Camat Rawalumbu Dian Herdiana, Anggota DPRD Kota Bekasi Komisi IV, Haeri Parani, sampai Lurah Pengasinan Juhasan Anto Suseno.

Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto menyampaikan persoalan sampah mesti diperhatikan mengingat wilayah Kelurahan Pengasinan terutama Pondok Hijau Permai rawan banjir. Dia optimis, jika warga sudah bergerak dengan memulai disiplin soal sampah maka risiko banjir bisa ditekan.

“Kita menangani sampah harus dilakukan secara holistik, harus dilakukan bersama-sama,” ujar Tri Adhianto yang dikutip Minggu (28/2/2021). (mira)