Tren Pencarian Rumah di Jadebotabek Meningkat, Lokasi di Bekasi Masih Favorit

oleh -89 views
Ilustrasi Mencari Rumah. (ist)

BEKASI SELATAN, BEKASIPEDIA.com – Tren pencarian rumah melalui portal Rumah.com di wilayah Jabodetabek terus meningkat. Fenomena ini terjadi sejak Kuartal III-2020.

Country Manager Rumah.com, Marine Novita mengatakan, meningkatnya pencarian rumah di tengah Pandemi Covid-19, dilakukan oleh kalangan menengah dan menengah atas. “Mereka tidak mempermasalahkan jarak antara rumah dengan pusat kota atau pusat bisnis,” kata Marine dalam keterangan tertulis yang dilansir dari kompas.com, pada Jumat (22/1/2021).

Dia merinci, pencarian properti di Provinsi Jawa Barat mengalami peningkatan baik secara kuartalan maupun tahunan.

Bekasi, dan Bogor merupakan dua kawasan yang paling banyak diincar para pencari rumah. Tren pencarian rumah di Bekasi meroket 115,2 persen secara kuartalan (q on q) dan 265,6 persen secara tahunan (y on y). Sedangkan untuk wilayah Bogor di posisi kedua dengan angka peningkatan 94,3 persen (q on q) dan 274,6 persen (y on y). Disusul Depok dengan kenaikan 81,5 persen secara kuartalan dan 186,2 persen (y on y).

Tidak hanya Jawa Barat, pencarian rumah di Provinsi Banten juga mengalami kenaikan secara kuartalan dan tahunan. Kota yang paling diminati adalah Tangerang dengan angka kenaikan 64,1 persen (q on q) dan 173,5 persen (y on y).

Lalu Tangerang Selatan dengan 43,9 persen (q on q) dan 174 persen (y on y), kemudian Kabupaten Tangerang dengan 43,2 persen secara kuartalan dan 140,9 persen (y on y). Tingginya peningkatan pencarian rumah di Bogor, Bekasi, dan Kota Tangerang lagi-lagi disebabkan pemerataan pembangunan infrastruktur.

“Hal itu menyebabkan area-area dengan harga properti yang lebih rendah menjadi terhubung dengan wilayah lainnya dan lebih mudah diakses,” ujarnya.

Sementara itu di wilayah DKI Jakarta juga mengalami peningkatan, meskipun tak sebesar Jawa Barat ataupun Banten.

Menurut Marine kenaikan pencarian properti di wilayah Ibu Kota Jakarta meningkat sebesar 59 persen secara kuartalan dan 143 persen secara tahunan. Dilihat dari kisaran harga, pencarian terbesar berasal di kisaran harga Rp 300 Juta hingga Rp 750 Juta. Jika digabungkan besarnya jumlah pencari hunian di kisaran harga di bawah Rp 1,5 miliar mencapai 61 persen dari total pencari rumah di Rumah.com. Dengan kata lain, pencari hunian di Rumah.com saat ini lebih banyak berasal dari kalangan menengah dan menengah atas. (kcm/rus)

“Bagi yang Punya Usaha Kuliner Mau Direview di BEKASIPEDIA Group, Hanya Rp 200.000,- All in Artikel dan Video Review yang Tayang di Youtube Channel BEKASIPEDIA TV, Hubungi WA ke 081510868686”