Tips Cara Aman Bersihkan Jok Mobil dari Noda

oleh -106 views
Ilustrasi Jok Mobil. (ist)

JAKARTA, BEKASIPEDIA.com – Jok mobil menjadi bagian di dalam kabin yang sering mudah kotor. Biasanya karena terkena tumpahan makanan atau minuman yang dapat meninggalkan noda serta bau tak sedap. Karenanya, penting sekali untuk rutin membersihkan jok mobil agar tampilan kabin tetap enak dilihat dan tidak bau.

Untuk diketahui, ada beberapa langkah untuk membersihkan jok mobil dari Astra Peugeot yang dikutip Sabtu (21/8/2021). Namun sebelumnya perhatikan dulu jenis material jok yang digunakan, apakah itu kain (beludru) atau kulit. Sebab keduanya membutuhkan perawatan berbeda.

Untuk membersihkan noda pada jok mobil berbahan kain, cara yang disarankan tim after sales Astra Peugeot adalah menggunakan deterjen yang lembut dengan terlebih dulu membersihkan sisa-sisa kotoran bekas tumpahan makanan atau minuman. Alatnya bisa dengan sapu atau sikat berserat halus, lalu gunakan vacuum cleaner hingga tidak ada bekas kerak noda.

Langkah selanjutnya adalah mencampurkan deterjen dengan air hangat. Kemudian rendam busa pembersih (spons) ke dalam air dan remas untuk menghilangkan air sebelum digosokkan pada jok. Bersihkan secara perlahan agar jok tidak terlalu basah. Selanjutnya endapan air sabun diseka menggunakan handuk basah tanpa sabun hingga kotoran hilang.

Untuk jok berbahan kulit, butuh penanganan khusus agar kualitas jok kulit tetap terjaga. Untuk pembersihan dapat dilakukan dengan air detergen. Selain itu juga perlu diberikan kondisioner atau cairan khusus untuk jok berbahan kulit. Nah, selamat mencoba sahabat BEKASIPEDIA. (rus/brs)