Tanggul Citarum di Pebayuran Jebol, Warga Kabupaten Bekasi Panik

oleh -178 views
Tanggul Sungai Citarum di Kampung Babakan Banten, Desa Sumber Urip, Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi, jebol pada Sabtu (21/2/2021) sekitar pukul 23.30 WIB. Akibatnya 6000 Kepala Keluarga (KK) terdampak. (ist)

PEBAYURAN, BEKASIPEDIA.com – Tanggul Sungai Citarum di Kampung Babakan Banten, Desa Sumber Urip, Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi, jebol pada Sabtu (21/2/2021) sekitar pukul 23.30 WIB. Akibatnya 6000 Kepala Keluarga (KK) terdampak.

Tanggul yang berada di sisi Kabupaten Bekasi dan berbatasan dengan Kabupaten Karawang ini membuat banjir dipermukiman warga dengan ketinggian air 1,5 meter. Bahkan kejadian itu membuat panik warga saat sedang tertidur. Bahkan terjebak di lantai atas rumahnya tak bisa menyelamatkan diri sedangkan air sudah tinggi.

Salah satu warga, Madrawi yang terdampak akibat jebolnya tanggul Citarum tersebut mengatakan saat tanggul jebol, air cepat meluap ke pemukiman warga. ”Tadi malam jebol, dari air dengan cepat meluap ke tempat tinggal warga, hampir menenggelamkan rumah,” kata Madrawi saat dihubungi, Minggu (21/2/2021) siang.

Ia menjelaskan, warga menyelamatkan diri dengan cara mengungsi ke pengungsian sepanjang Tanggul Citarum dan Irigasi. Untuk itu, masyarakat yang berada di Utara Kabupaten Bekasi ini meminta Pemerintah Kabupaten Bekasi dan Tim Sar BPBD Kabupaten Bekasi untuk segera melakukan evakuasi dan penanganan mengingat masyarakat masih banyak yang terjebak di rumahnya masing-masing. (rus/kcm)