PPK Tarumajaya Targetkan Rekapitulasi Pleno Selesai Tujuh Hari

oleh -609 views
Para peserta pleno menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum dilaksanakannya rekapitulasi perhitungan hasil Pemilu 2019. (foto: tahar)

TARUMAJAYA, BEKASIPEDIA.com – Sebanyak 413 kotak suara hasil rekapitulasi perhitungan dari Tempat Pemungutan Suara (TPS) di delapan Desa wilayah Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, selesai diterima Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang ditempatkan di Gedung Bulu Tangkis PGRI Desa Pantai Makmur Kecamatan Tarumajaya Kabupaten Bekasi Jawa Barat pada Sabtu (20/4/2019) kemarin.

Ketua PPK Tarumajaya, Engkos Kosasih saat ditemui BEKASIPEDIA.com beralasan bahwa kantor Kecamatan Tarumajaya kurang memadai dalam menyimpan logistik pemilu sehingga pelaksanaannya ditempatkan di Gedung Bulutangkis PGRI Tarumajaya.

Namun demikian, menurutnya distribusi dari PPS ke PPK Tarumajaya di gedung Bulutangkis PGRI berjalan lancar, dan tetap dalam penjagaan ketat dari kepolisian juga TNI.

“Doakan saja agar rekapitulasi ini berjalan lancar tanpa ada kendala, dan semua memahami bahwa tahapan ini sangat melelahkan. Saya akui bahwa pemilu kali ini sangat berat karena dilakukan secara serentak, semoga saja ini bisa selesai dalam 4 sampai 7 hari,” ucap pria berkacamata yang akrab dipanggil Mang Engkos ini.

Hal senada diutarakan Camat Tarumajata Dwy Sigit Andrian, harapannya semua berjalan lancar dan semua bisa pahami bahwa pleno ini ada beberapa tahapan dan tata tertib didasarkan pada aturan PKPU.

“Silahkan para saksi dari perwakilan partai mengawal, harapan pemerintah semua bisa berjalan dengan baik dan tidak ada yang tercecer, dan bila terjadi ketidak sesuaian antara saksi dengan PPS bisa diselesaikan dengan aturan yang berlaku melalui rekap pleno,” ujar Sigit.

Terkait dengan pelaksanaan Rekapitulasi Pleno, Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam ) Sirojudin mengatakan bahwa berdasarkan PKPU No 4 tahun 2019 tentang rekapitulasi pemungutan dan penghitungan hasil pemungutan suara harus berdasarkan tahapan.

“Tahapannya adalah dari surat suara Presiden, kemudian DPR RI, DPD RI, selanjutnya DPRD Provinsi Jawa Barat terakhir DPRD Kabupaten Bekasi,” jelasnya didampingi Ketua Panwascam Lukman Wibowo.

Dari pantauan BEKASIPEDIA.com saat pelaksanaan rencana rekapitulasi pleno berjalan tertib dan dipenuhi para saksi dari perwakilan partai yang sudah mendapatkan mandat. Beberapa personil dari Kepolisian dan TNI terlihat menjaga ketat jalannya pleno tersebut. Terlihat hadir saat pembukaan Rekapitulasi Pleno Ketua PPK Tarumajaya dan Anggota, Ketua Panwascam dan Anggota, Muspika Tarumajaya dan Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Juga hadir Kepala Desa Segara Makmur Agus Sopyan, Kepala Desa Samudra Jaya, Ibnu Hajar dan Kepala Desa Pahlawan Setia, Zaenal Abidin. (tahar)

Rekapitulasi pleno yang dilaksanakan di Gedung Bulutangkis PGRI Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. (foto: tahar)