PMI Kota Bekasi Operasikan Alat Donor Plasma Konvalesen di Maret 2021

oleh -111 views
Ketua PMI Kota Bekasi, Ade Puspita. (ist)

BEKASI TIMUR, BEKASIPEDIA.com – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bekasi mulai bulan Maret 2021, akan segera mengoperasikan alat donor plasma konvalesen . Dengan demikian PMI Kota Bekasi sudah bisa menerima pendonor plasma konvalesen dari penyintas Covid-19.

”Insya Allah bulan Maret 2021, PMI sudah dapat memberikan pelayanan untuk donor plasma konvalesen bagi masyarakat umum,” ungkap Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bekasi , Ade Puspita Sari, saat dikonfirmasi Minggu (7/2/2021). Saat ini, PMI Kota Bekasi sudah mempunyai alat untuk donor plasma konvalesen tersebut.

Namun, pihaknya tinggal mempersiapkan untuk melakukan proses pelatihan segi teknis saja kepada petugas.”Alatnya sudah ada, kita sedang berjalan memberikan pelatihan sumber daya manusia (SDM) bagi petugasnya yang akan menjadi teknisi bagi alat itu, dan bulan depan sudah benar-benar berjalan,” jelasnya.

Ade menuturkan saat ini bagi perkembangan virus Covid-19 juga sedang semakin tinggi untuk tingkat penyebarannya, sebab virus Covid-19 ini belum memiliki obat untuk proses penyembuhannya. ”Ini usaha PMI untuk memutus rantai Covid-19, untuk membantu pemerintah dalam memutus rantai Covid-19 melalui alat plasma konvalesen,” tuturnya.

Sehingga, sambungnya, semoga untuk pelaksanaan pelayanan donor plasma konvalesen bagi masyarakat umum dapat terlaksana dengan baik dan lancar. Sebab, plasma konvelesen merupakan sebuah metode terapi, yang berpijak pada pemahaman bahwa seorang penyintas infeksi akan membentuk antibodi di tubuhnya setelah sembuh. (puje)