PMI Kota Bekasi Hentikan Donasi Plasma Konvalesen Karena Stok Masih Banyak

oleh -64 views
PMI Kota Bekasi. (ist)

BEKASI TIMUR, BEKASIPEDIA.com – Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia (UTD PMI) Kota Bekasi, Jawa Barat, menghentikan kegiatan donasi plasma konvalesen.

Kepala Bagian Pelayanan Donor Darah UTD PMI Kota Bekasi, dr Amri mengatakan, pihak telah menghentikan kegitan donasi darah plasma konvalesen dan fokus ke donasi darah biasa.

“Saat ini kami stop karena stoknya masih banyak, akhirnya untuk donor plasmanya kami stop padahal sebenarnya masih banyak antusiasme warga untuk donasi plasma dan kami stop dan kami arahkan ke donasi darah biasa,” ujar Amri, Jumat (29/10/2021).

Amri menambahkan, saat ini UTD PMI Kota Bekasi memilki stok plasma konvalesen berlimpah. “Stoknya banyak di kami, saat ini 67 kantong,” ujar dia.

Stok plasma konvalesen jadi banyak karena permintaan saat ini sangat berkurang.

“Plasma konvalesen, permintaan dari rumah sakit untuk darah plasma konvalesen sudah mulai turun bahkan bisa dibilang 0 per hari,” ujar dia.

Amri melanjutkan, berkurangnya permintaan plasma konvalesen tersebut terjadi sejak pertengahan September atau sudah satu bulan terakhir. “Hampir sebulan lebih (permintaan berkurang), bukan kosong sih tapi lebih sedikit satu sampai dua permintaanya per minggu,” ujarnya. (pujesto/kcm)