Pepen: Harap Sabar Baru Didistribusikan di Tiga Kelurahan

oleh -177 views

BEKASI SELATAN, BEKASIPEDIA.com – Pemkot Bekasi menerima 75 ton beras bantuan dari Kementerian Sosial (Kemensos) yang disalurkan dari oleh Bulog.

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi menjelaskan penyalurannya sendiri baru dilakukan di tiga kelurahan pada Senin (19/7/2021) lalu.

“Hari ini sudah datang untuk tiga kelurahan di Marga Mulya, Harapan Baru dan Perwira. Tadi sudah ada ini dengan bulog dan kepala perwakilan PPKP Jawa Barat mengecek langsung. Total hampir 75 ton,” ujar Pepen, sapaan akrabnya pada Rabu (21/7/2021).

Pepen menjelaskan agar penyalurannya sesuai dan tepat sasaran, kriteria keluarga penerima manfaat (KPM) yang menerima bansos yakni mereka yang telah terdaftar pada data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS).

“Dari kemensos yang data DTKS sudah tiga kelurahan masuk, kita berharap data yang kita kirim ke Kemensos dan ke Bulog sama sehingga tidak ada nanti salah penerima,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Penanggulangan Masyarakat Miskin Dinas Sosial (Kabid Gulmakin Dinsos) Kota Bekas, Yeni Suharyani, menjelaskan, mereka yang mendapatkan bantuan dibagi menjadi tiga kelompok.

Beberapa dari mereka juga telah terdaftar sebagai penerima bantuan sosial tunai (BST) karena telah terdaftar pada DTKS Kemensos. “Jadi hari ini untuk penerima BST dan PKH untuk launching beras yang diberikan Kemensos lewat Bulog ada tiga kelompok penerima, yakni DTKS, PKH, dan non-PKH,” ungkap Yeni.

Total KPM-nya sendiri yakni non-PKH dan DTKS terdapat 176.987 orang, kemudian PKH sebanyak 42.009 orang.

“Penyalurannya bertahap, kami launching di 3 kelurahan dulu. Untuk kelanjutannya terkait dengan pendistribusian bulog akan koordinasi lagi dengan kita. Masing-masing akan mendapatkan 10 kilogram beras,” tuturnya. (ipul)